Sultan HB X meminta kaum millenial tertib berlalu lintas

id lalu lintas ,yogyakarta

Gubernur DIY Sultan HB X bersama Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dhofiri dan jajaran melepas burung merpati dalam acara "Millenial Road Safety Festival" di Titik Nol Kilometer, Yogyakarta, Minggu. (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta para kaum millenial di Yogyakarta membangun kesadaran untuk tertib dalam berlalu lintas di jalan raya.

"Generasi millenial agar betul-betul hati-hati di jalan raya, kamu punya sepeda motor, punya mobil bisa mengendarai di dalam kota bukan untuk balapan," kata Sultan dalam acara "Millenial Road Safety Festival" di Titik Nol Kilometer, Yogyakarta, Minggu.

Dalam acara yang digelar Polda DIY itu, Sultan berpesan agar kalangan millenial menyayangi diri sendiri dan orang lain dalam berkendara serta menaati dan memahami rambu lalu lintas.

"Kalau traffic light sudah kuning mau merah tidak berhenti malah melaju kencang supaya tidak kena (lampu) merah. Mestinya kuning itu tandanya hati-hati untuk berhenti dan mengurangi kecepatan, bukan menambah kecepatan," kata Sultan di hadapan ribuan kalangan pemuda millenial yang hadir dalam acara itu.

Menurut Sultan, kesadaran untuk tertib berlalu lintas perlu terus digaungkan sebab hingga saat ini lebih dari 30.000 korban kecelakaan lalu lintas berjatuhan setiap tahun. "Korban teknologi sepeda motor dan mobil sudah terlalu besar," kata Raja Keraton Ngayogyakarta ini.

Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dhofiri mengatakan penyelenggaraan "Millenial Road Safety Festival" memang bertujuan untuk menggugah kesadaran bersama untuk memahami arti penting keselamatan berlalu lintas.

Angka kecelakaan lalu lintas, kata dia, merupakan angka kecelakaan terbesar nomor tiga di dunia. Berdasarkan data 2010, di Indonesia tercatat sebanyak 31.000 korban meninggal dunia di jalan raya yang artinya 3 hingga 4 jam terjadi kecelakaan atau orang meninggal dunia di jalan raya. "Dari korban tersebut 60 persen adalah generasi muda usia produktif," kata dia.

Oleh sebab itu, Dhofiri menekankan agar masyarakat khusus kaum millenial memperhatikan betul aspek keselamatan lalu lintas yang meliputi faktor jalan, faktor kendaraan, faktor pengendaranya, serta penanganan pascaterjadi kecelakaan. "Maka ingat apabila berkendaraan lengkapi surat-suratnya. Cek kendaraannya, jangan lupa menggunakan helm sampai bunyi 'klik'," kata dia.

Millenial Road Safety Festival di Yogyakarta selain menghadirkan sejumlah artis Ibu Kota, seperti Ayu Tingting, DJ Una, Tukul Arwana, serta Baim Wong juga dimeriahkan dengan atraksi sepeda motor dan mobil dari Polda DIY.

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar