Gugah Nurani bangun sumur di Kulon Progo

id sumur,Kulon Progo

Gugah Nurani bangun sumur di Kulon Progo

Yayasan Gugah Nurani Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, membangun sumur dan fasilitas air bersih di Dusun Muten, Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo. Bupati Hasto mengecek aliran air. (Dok Ist. Diskominfo Kulon Progo)

Kulon Progo ji (ANTARA) - Yayasan Gugah Nurani Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, membangun sumur dan fasilitas air bersih di Dusun Muten, Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo dalam rangka mendekatkan akses air bersih di masyarakat.

Manager Yayasan Gugah Nurani Indonesia Ari Purnama Nugraha di Kulon Progo, Selasa, mengatakan kendala pembangunan sumur dan fasilitas air bersih terkendala letak georafis di Desa Pendoworejo.

"Jadi hanya dapat satu sumur yang dibangun dan dialirkan ke warga karena letak desa di perbukitan jadi sasaranya per pedukuhan. Air bersih ini harapanya dapat meningkatakan prilaku atau kesadaran dari masyarakat mengenai hidup bersih dan sehat melalui sanitasi total berbasis masyarakat,” kata Ari.

Ia mengatakan keberlangsungan dari program air bersih sangat penting partisipasi warga. Selanjutnya, pihaknya akan menginisiasi kepada warga agar membentuk kelompok pengelola air. Nantinya kelompok pengelola air dan kelompok tersebut nantinya sebagai pengurus air dan warga dianjurkan untuk membayar agar dapat menggunakan air tersebut, iuran ditetapkan berdasarkan musyawarah warga.

"Selama ini warga dusun Muten mengambil air bersih dari sumber mata air memakai dirigen. Dengan cara memikul atau mengendong dengan jarak 500 meter. Sebelumnya dusun tersebut pernah mendapat bantuan dari Dinas Kehutanan pembuatan penampung air untuk dialirkan melalui kran namun hanya terbatas," katanya.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo menyampaikan terima kasih bantuan fasilitas air bersih dari Yayasan Gugah Nurani Indonesia di Dusun Muten. "Tugas kami ini diringankan oleh Gugah Nurani karena sudah dibantu membangun saluran air bersih. Saya kira ini tugas pemerintah tapi pemerintah tidak dapat mencakup semua sampai hal yang kecil ini, kadang masih kelewatan,” kata Hasto.

Ia mengatakan air bersih ini sangat penting kebutuhan sangat dasar menjadi bagian fundamental untuk kesehatan. Sehingga kalau air bersih cukup, kesehatan menjadi baik. Karena program Pamsimas di Kulon Progo untuk tahun ini belum sampai di Dusun Muten.

"Harapanya kalau air bersih ini cukup kadang - kadang mereka kreatif mendaur ulang air, membuat kolam dan lain sebagainya sehingga lingkungannya menjadi hijau. Saya kira itu bagian dari program secara keseluruhan bahwa sanitasi tercapai di semua rumah tangga teraliri air bersih dan lingkungan sehat," katanya.