Ratusan Satlinmas Pakem ikuti apel pengamanan Pemilu 2019

id Satlinmas

Ratusan Satlinmas Pakem ikuti apel pengamanan Pemilu 2019

Ratusan anggota Satlinmas Kecamatan Pakem mengikuti apel siaga kesiapan pengamanan Pemilu. (Foto Antara / Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (ANTARA) - Ratusan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengikuti apel siaga untuk pengamanan pemilu 2019 di halaman Kantor Kecamatan Pakem, Selasa.

"Ada sebanyak 340 anggota Satlinmas dari seluruh desa di Kecamatan Pakem yang mengikut apel siaga, dan mereka siap membantu pengamanan Pemilu 2019," kata Camat Pakem, Kabupaten Suyanto.

Menurut dia, sebanyak 340 anggota Satlinmas Pakem tersebut akan bertugas di 125 Tempat Pemungutan Suara (TPS), bertugas di desa, dan di kecamatan, dengan rincian 250 personel bertugas di TPS, 60 personel bertugas di desa, dan 30 personel bertugas di kecamatan.

"Keterlibatan Satlinmas pada pemilu sudah diatur dalam Permendagri No.10/2009 tentang penugasan Satlinmas dalam penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan pemilu," katanya.

Ia mengatakan, personel Satlinmas yang berada di TPS memiliki tugas untuk menjaga, memelihara ketertiban dan keamanan di TPS mulai dari proses pemungutan suara hingga penghitungan.

"Sedangkan personel yang berada di desa bertugas mengamankan kotak suara dan pendistribusian kotak suara, kemudian yang berada di kecamatan bertugas untuk mengawal dan mengamankan rekapitulasi di tingkat kecamatan," katanya.

Suyanto mengatakan, dalam menjalankan tugasnya, satlinmas tentunya berkoordinasi dengan aparat yang terlibat dalam pengamanan lainnya.

Kapolsek Pakem AKP Haryanta mengatakan apel pasukan tersebut bertujuan mengecek kesiapan baik personel maupun kelengkapan anggota linmas, sehingga nantinya diharapkan pada saat pengamanan pemilu, linmas siap membantu mengamankan. 

"Kami sudah petakan wilayah-wilayahnya, jadi masing-masing TPS nanti akan ada dua personel linmas, dan dibantu aparat lainnya," katanya.***2***


Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024