KPU Bantul mulai sortir lipat surat suara DPR

id KPU Bantul

Ilustrasi (Foto Antara)

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai melakukan sortir dan lipat surat suara calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat untuk Pemilu 2019 setelah logistik tersebut diterima lembaganya pada Rabu (13/3).

"Kemarin (13/3) sore kita terima surat suara untuk jenis (pemilihan) DPR RI, kemudian hari ini kita mulai proses sortir dan lipat surat suara di gudang Sewon dengan melibatkan 45 tenaga," kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho di Bantul, Kamis.

Menurut dia, surat suara DPR RI yang diterima KPU Bantul dari percetakan yang ditunjuk KPU RI di wilayah Solo Jawa Tengah itu jumlahnya sesuai dengan daftar pemilih tetap hasil perbaikan dua (DPTHP-2) ditambah dua persen untuk cadangan.

Seperti diketahui jumlah DPTHP-2 untuk Pemilu serentak 2019 di Bantul yang ditetapkan KPU Bantul sebanyak 707.009 pemilih yang tersebar di seluruh 3.040 tempat pemungutan suara (TPS) seluruh 75 desa se-Bantul.

"Jadi kita terima sebanyak DPT plus dua persen yaitu 721.150 lembar, ini DPT akumulatif kabupaten, nanti kita perlu hitung ulang kalau misalnya ada kekurangan kita proses mintakan setelah disortir dan lipat," katanya.

Dia mengatakan, proses sortir dan lipat surat suara DPR ditargetkan selesai selama 14 hari ke depan, namun sambil menyelesaikan tahapan itu, pihaknya menunggu distribusi surat suara jenis lainnya yang dilakukan pada pekan ini.

"Maksimal 14 hari, makanya per hari ini kita akan coba hitung per hari dapat berapa ribu lembar, karena beban masing-masing surat suara sebanyak 721.150 lembar, jadi nanti dengan 45 tenaga untuk DPR RI ini bisa untuk menjadi acuan," katanya.

"Kita juga memperhitungkan ketersediaan ruang di gudang apakah bisa ditambah ketika butuh, akan tetapi kalau dilihat dari sejauh ini dengan 45 tenaga itu masih cukup nyaman layak untuk proses sortir dan lipat," katanya.

Didik mengatakan, sedangkan untuk surat suara lainnya yang masih empat jenis, informasi yang diterima pada Rabu (13/3) proses cetak untuk surat suara DPRD kabupaten dan diupayakan selesai Kamis ini untuk kemudian proses distribusi ke KPU.

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar