KPU DIY: kesiapan logistik Pemilu 2019 mencapai 90 persen

id Logistik pemilu

KPU DIY: kesiapan logistik Pemilu 2019 mencapai 90 persen

Kotak Suara logistik pemilu (Foto Antara/Lukmansyah)

Yogyakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan kesiapan logistik untuk pemungutan suara Pemilu 2019 di lima kabupaten/kota setempat telah mencapai 90 persen.

"Yang belum cuma template (alat bantu braille pemilih tuna netra) sama (kelengkapan) DCT tetapi pengadaan sudah, tinggal itu saja. Jadi (kesiapan) logistik sudah hampir 90 persen," kata Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan saat ditemui di Kantor KPU DIY, Kamis.

Menurut dia, beberapa logistik pemilu seperti formulir berita acara, alat kelengkapan pemungutan suara TPS seperti pulpen, serta alas coblos, bilik suara, dan segel seluruhnya telah didistribusikan ke lima kabupaten/kota.

Demikian juga surat suara DPR RI telah didistribusikan ke Kabupaten Kulon Progo, Bantul, dan Kota Yogyakarta. Sedangkan untuk surat suara DPRD kabupaten, DPRD provinis, Pilpres, dan DPD itu untuk selman, kata Hamdan, didistribusikan menyusul.

"Untuk seluruh surat suara yang sisanya yakni DPR kabupaten, DPR provinis, pilpres dan DPD kami minta Sleman didahulukan karena jumlah surat suaranya paling besar," kata dia.

Hamdan meyakini seluruh surat suara dapat segera didistribusikan dengan lancar dan aman karena KPU DIY telah melakukan monitoring langsung ke percetakan dan dipastikan pencetakan surat suara sisanya hampir selesai.

"Sedangkan proses pengadaan template tidak terlalu mengkhawatirkan karena jumlah pemilih difabel di DIY tidak terlalu banyak," kata Hamdan.

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024