ACT DIY himpun donasi Rp1 miliar untuk Palestina

id Act

ACT DIY himpun donasi Rp1 miliar untuk Palestina

Roadshow bertema "Indonesia Selamatkan Palestina" bersama Syeikh Husein Gaza. (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY berhasil menghimpun donasi kemanusiaan mencapai Rp1,1 miliar dari masyarakat Yogyakarta untuk warga Palestina.

Donasi itu dihimpun melalui roadshow bertema "Indonesia Selamatkan Palestina" bersama Syeikh Husein Gaza yang digelar selama seminggu terakhir.

Pada roadshow puncak yang digelar dalam event Islamic Fair di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada kamis (14/3) malam, setidaknya terkumpul donasi Rp380 juta untuk membantu Palestina. 

Selain di event Islamic Fair roadshow telah digelar selama empat hari terakhir di 11 titik di masjid-masjid Yogyakarta untuk menyampaikan pesan dan kondisi masyarakat Palestina untuk Indonesia

Momentum menggalang kepedulian untuk Palestina ini juga ditanggapi oleh Kepala Cabang ACT DIY, Bagus Suryanto "Alhamdulillah, saya sangat bersyukur kepada masyarakat Yogyakarta yang memiliki jiwa kepedulian yang luar biasa terhadap masalah kemanusiaan di Palestina," ujarnya ketika turut hadir dalam event roadshow tersebut di Islamic Fair kamis (14/3) malam.

Event Roadshow Syeikh Husein Gaza ini merupakan rangkaian aksi-aksi kemanusiaan ACT DIY untuk membantu Palestina, dalam dua pekan terakhir ACT DIY juga melakukan aksi simpatik dan galang dana, juga sesi akhir di bulan maret dari event bantu Palestina ialah konser kemanusiaan yang dihadiri oleh bintang tamu Melly Goeslaw pada 17 maret 2019 dalam event Islamic Fair.

Saat ini kondisi di Gaza, Palestina memasuki fase terburuk setelah 13 tahun di blokade oleh Israel dan PBB menyatakan telah menghentikan bantuan kemanusiaan untuk Palestina. "Lebih dari separuh masyarakat Gaza kini berada diambang kehancuran dan kelaparan, 98 persen air di Gaza telah tercemar limbah, dan listrik hanya mengalir dua jam per hari, bahkan sistem pemerintahan di Palestina sudah tidak mampu menggaji para pegawainya, demi panggilan kemanusiaan mari kita bantu saudara-saudara kita di Palestina," tutup Bagus.