Tuan rumah PSS Sleman dikalahkan Persija 0-2

id PSS Sleman

Pemain Persija Jakarta mendapat pengawalan ketat dari pemain-pemain PSS Sleman pada pertandingan Grup D Piala Presiden di Stadion Internasional Maguwoharjo Sleman, Jumat (15/3) malam. Persija Jakarta berhasil mengalahkan PSS Sleman dengan skor 2-0. (Foto Antara/Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (ANTARA) - Tim tuan rumah PSS Sleman harus mengakui keunggulan tim Persija Jakarta dengan skor 0-2 pada laga terakhir penyisihan Grup D Piala Presiden di Stadion Internasional Maguwoharjo, Kabupaten, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat malam.

Dua gol kemenangan Persija Jakarta diciptakan Bruno Oliviera Matos pada menit ke 59 melalui sundulan kepala dan menit 85 melalui tendangan penalti.

Tampil dihadapan sekitar 29 ribu penonton yang merupakan suporter Persija Jakarta The Jack Mania serta pendukung tuan rumah PSS Sleman Brigata Curva Sud (BCS) dan Slemania yang memadati hampir seluruh tempat duduk stadion berkapasitas 30 ribu penonton tersebut, kedua tim saling melakukan serangan-serangan sejak menit-menit awal.

Namun kokohnya pertahanan tim tuan rumah PSS Sleman yang dimotori Alfonso Dengan La Cruz Calero membuat penyerang Persija Jakarta Bruno Matos maupun Heri Susanto gagal menembus gawang PSS Sleman yang dikawal Ega Rizky Pramana.

Sebaliknya tuan rumah PSS Sleman yang juga terus melakukan tekanan melalui Brian Federico Ferreira maupun Kushedya Hery Yudo juga tidak mampu menembus gawang Persija yang dijaga Shahar Ginanjar akibat rapatnya barisan belakang Persija Jakarta yang ditempati Ismed Sofyan, Maman Abdurahman maupun Steven Renaud Anthony Paulle.

Bahkan meski kedua tim beberapa kali menciptakan peluang, namun hingga 45 menit babak pertama berakhir kedudukan tetap 0-0.

Memasuki babak kedua, baik PSS Sleman maupun Persija Jakarta tetap langsung memperagakan permainan menyerang.

Pada menit 59, penjaga gawang PSS Sleman Ega Rizky mengalami cidera sehingga pelatih Seta Nurdiyantara menggantikannya dengan Dhika Bayangkara.

Persija Jakarta membuka kemenangan pada menit 59, berawal dari sepak pojok yang dilesakkan Maman Abdurahman tepat di depan gawang PSS Sleman langsung disambut oleh Bruno Matos yang berdiri bebas di depan gawang PSS Sleman.

Melalui sundulan kepala, Bruno Matos mengarahkan bola di sisi kanan gawang PSS Sleman yang gagal diselamatkan kiper Dhika Bayangkara dan menggubah skor menjadi 1-0 untuk Persija Jakarta.

Tertinggal satu gol, PSS Sleman mencoba bangkit meningkatkan serangan dengan memasukkan dua pemain pengganti yakni Ricky R Kambuaya dan Wahyu Sukarta.

Masuknya dua pemain ini membantu Heri Yudo maupun Brian Fereira untuk mengejar ketinggalan, namun upaya PSS Sleman selalu kandas.

Pada menit ke 84, pemain pengganti Persija Jakarta dijatuhkan oleh Wahyu Sukarta di dalam kotak penalti.

Melihat pelanggaran tersebut wasit Handri Kristanto dari Kabupaten Semarang langsung menunjuk titik putih penalti.

Mendapatkan kepercayaan untuk mengeksekusi penalti, Bruno Matos tidak menyia-nyiakan kesempatan dan dengan tendangan yang tidak terlalu keras berhasil mengecoh penjaga gawang PSS Sleman Dhika Bayangkara di sisi kanan gawangnya dan menambah kemenangan Persija Jakarta menjadi 2-0.

Kedudukan, 2-0 untuk kemenangan Persija ini bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Dengan kekalahan ini, memastikan PSS Sleman gagal melaju pada babak selanjutnya di ajang Piala Presiden 2019.***3***

 
Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar