Bupati Sleman minta ASN jaga netralitas dalam proses pemilu

id Bupati Sleman

Bupati Sleman Sri Purnomo saat menjadi inspektur upacara Peringatan HUT Pemadam Kebakaran Nasional ke-100, HUT Satpol PP ke-69, dan HUT Sat Linmas ke-57 tahun 2019 di Lapangan Pemda Sleman tersebut. (Foto Antara/ Humas Sleman)

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah daerah setempat untuk menjaga netralitas dalam proses pelaksanaan Pemilu 2019.

"Sungguh-sungguh saya ingatkan bahwa seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menjaga netralitas dalam proses pemilihan umum ini," kata Sri Purnomo saat menjadi inspektur upacara pada Peringatan HUT Ke-100 Pemadam Kebakaran Nasional, HUT Ke-69 Satpol PP, dan HUT Ke-57 Sat Linmas tahun 2019 di Lapangan Pemda Sleman tersebut, Senin.

Menurut dia, netralitas seluruh ASN dalam proses pemilu akan turut mempengaruhi berjalannya seluruh proses demokrasi sesuai dengan ketentuan.

Ia mengatakan, seluruh aparatur pemerintahan dan komponen bangsa lainnya memiliki kewajiban untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif.

"Saya mengajak untuk menjadi barisan terdepan dalam melawan 'racun demokrasi', yaitu politik uang, politisasi SARA, serta penyebaran ujaran kebencian, fitnah dan hoaks," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Sri Purnomo juga mengajak seluruh peserta upacara untuk mengajak seluruh masyarakat untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Menjunjung tinggi ideologi Pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan, sebagai salah satu upaya mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, Pemadam kebakaran, Satpol PP, Sat Linmas bukan hanya komponen yang menjaga wilayah Kabupaten yang pasif, tetapi lebih dari itu, mereka berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan, dan memberikan perlindungan kepada masyarakat, dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Termasuk terlibat aktif dalam menyukseskan agenda nasional bangsa Indonesia," katanya.

Sri Purnomo mengatakan, aparatur Pemadam Kebakaran, Satpol PP, dan Sat Linmas sebagai aparatur pemerintahan daerah yang memiliki kompentensi handal di bidangnya dan telah dibekali dengan kecerdasan dan ketrampilan teknis sesuai dengan kondisi dan kebutuhan, berperan penting dalam menjaga ketentraman dan ketertiban umum dalam proses demokrasi.

"Untuk itulah saya tekankan bahwa Pol PP agar dapat mengerahkan seluruh kemampuan, daya dan upaya dalam melaksanakan tugas membantu kepala daerah mewujudkan amanat undang-undang dalam menegakkan perda menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta perlindungan masyarakat," katanya.***2***


Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar