Syafii Maarif meminta para politikus siap menang dan kalah

id Syafii politisi

Syafii Maarif meminta para politikus siap menang dan kalah

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Syafii Maarif saat ditemui di Grha Suara Muhammadiyah, Yogyakarta, Selasa. (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Syafii Maarif meminta para politikus yang bersaing dalam kontestasi Pemilu 2019 agar siap kalah dan siap menang.

"Jadi siap kalah dan siap menang seharusnya itu," kata Buya Syafii saat ditemui di Grha Suara Muhammadiyah, Yogyakarta, Selasa.

Meski demikian, Syafii melihat kondisi politik yang berkembang saat ini cenderung mencerminkan bahwa para politikus tidak memiliki kesiapan untuk kalah pada pemilu mendatang.

"Ini nampaknya kan tidak, menang siap tetapi kalah enggak siap. Jadi yang benar itu kedua-duanya siap," kata anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini.

Demokrasi, menurut Buya, merupakan sistem yang mendidik setiap orang untuk bersabar. Apabila tidak suka dengan seseorang atau rezim pemerintahan maka bersabar dan menunggu dengan tidak memilihnya lagi pada pemilihan berikutnya.

"Itu baiknya sistem demokrasi dengan segala kelemahannya," kata dia.

Menurut dia, situasi yang memanas mendekati Pemilu 2019 merupakan hal biasa asalkan tidak diikuti dengan adu fisik atau gontok-gontokan yang dapat memicu perpecahan.

"Kan berebut ya, kekuasaan itu memang ganas tetapi sesungguhnya kekuasaan yang dipimpin dengan ada acuan moralnya tidak begitu," kata Syafii Maarif.***2***
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024