Baznas Sleman selenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas Mustahik

id Baznas sleman

Baznas Kabupaten Sleman bekerja sama dengan PD Bank Sleman menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas mustahik. (Foto Antara/Humas Sleman)

Sleman (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan PD Bank Sleman menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas bagi mustahik atau penerima manfaat zakat 2019.

"Kegiatan yang diikuti sebanyak 41 peserta dari para mustahik ini dilaksanakan di Kantor Bank Sleman, pada Selasa (19/3) dan Rabu (20/3)," kata Ketua Panitia Pelatihan Iskandar di Sleman, Selasa.

Menurut dia, pembukaan pelatihan diawali dengan penyematan tanda peserta oleh Direktur Utama Bank Sleman Muhammad Sigit dan Ketua Baznas Kabupaten Sleman Kriswanto kepada perwakilan peserta.

"Para peserta pelatihan merupakan mustahik yang pernah mendapat bantuan program Baznas Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan, peserta meliputi perwakilan kelompok, takmir masjid, penyuluh agama Islam dan pendamping dinas terkait.

"Pelatihan ini merupakan salah satu bagian dari program Baznas Sleman yaitu Sleman produktif. Program Sleman Produktif adalah program pemberian bantuan kepada mustahik yang sudah memiliki usaha atau berkeinginan membuka usaha dalam bentuk kelompok," katanya.

Iskandar mengatakan, selain memberikan bantuan modal, Baznas Sleman juga memberikan pelatihan peningkatan kapasitas dan pendampingan langsung.

"Hal ini bertujuan meningkatkan kemampuan dalam perencanaan strategi usaha, membuka wawasan pengembangan manajemen usaha dan membentuk jaringan dan wadah yang tepat untuk menampung sumber daya yang ada antara mustahik yang menjadi peserta," katanya.

Ia mengatakan, pendampingan dan pelatihan ini juga untuk memotivasi dan menumbuhkan munculnya kreativitas baru dan meningkatkan keterampilan serta pengetahuan tentang kewirausahaan.

"Dalam pentasharufan yang dilakukan pada Januari hingga Desember 2018 total zakat yang didistribusikan oleh Baznas Kabupaten Sleman mencapai lebih dari Rp3,6 miliar. Jumlah tersebut didistribusikan pada 8.291 mustahik," katanya.

Sedangkan pada Januari hingga Februari 2019 telah didistribusikan sebanyak Rp253,86 juta dengan jumlah mustahik sebanyak 1.482 jiwa.

Direktur Utama Bank Sleman, Muhammad Sigit mengatakan kegiatan ini dapat membantu mengembangkan usaha produktif bagi penerima manfaat Baznas.

"Melalui kegiatan ini, permasalahan pengembangan usaha produktif bisa disampaikan untuk mendapatkan solusi dari pakarnya," katanya.

Ia mengatakan, siap kembali menjalin kerja sama kegiatan serupa dalam rangka mendukung pembangunan masyarakat di Kabupaten Sleman.

"Ini kerja sama yang pertama kali dengan Baznas Sleman. Kami siap ke depan jika diadakan kembali kerjasama untuk memberikan manfaat pada masyarakat," katanya.***3***

Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto

 
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar