Indonesia Procurenment Forum dan Expo pamerkan 5.000 produk barang jasa

id Pameran barang jasa

Ketua Umum DPP IAPI Sonny Sumarsono saat meninjau produk yang dipamerkan dalam Indonesia Procurenment Forum dan Expo (IPFE) 2019 di JEC Yogyakarta (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Indonesia Procurenment Forum dan Expo yang diselenggarakan Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia di Jogja Expo Center Yogyakarta pada 19 sampai 21 Maret 2019 memamerkan sebanyak 5.000 jenis produk barang dan jasa.

"Indonesia Procurenment Forum dan Expo (IPFE) merupakan ajang pameran berbagai produk dan inovasi. Lebih dari 90 penyedia memamerkan sekitar 5.000 jenis produk barang dan jasa," kata Ketua Umum DPP Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) Sonny Sumarsono disela pembukaan Expo di JEC, Selasa.

Menurut dia, IPFE merupakan kegiatan tahunan yang diadakan IAPI sejak 2015, dan pada IPFE 2019 atau yang ke-lima ini mengambil tema 'Optimizing the Procurenment of Goverment Goods and Services in the Digital Economy Era'.

"Ini sangat sejalan dengan tren kekinian, khususnya menghadapi era industri 4.0 dimana digitalisasi akan terjadi di semua sektor tidak terkecuali di pengadaan barang dan jasa pemerintah," katanya.

Dia menjelaskan, IPFE yang dihadiri berbagai pemangku kepentingan terkait pengadaan barang/jasa ini merupakan kegiatan yang diperlukan untuk terciptanya saling memahami antar semua pemangku kepentingan dalam ekosistem tersebut.

"Selain itu, IPFE juga merupakan ajang pencerahan dan saling berbagi pengetahuan tentang pengadaan barang dan jasa baik saat ini maupun di masa akan datang," katanya.

Apalagi, kata dia, pameran ini juga diikuti tiga kementerian bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang menampilkan berbagai inovasi yaitu, Kemenpupera, Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut dia, ekosistem pengadaan barang/jasa menjadi lengkap karena IPFE 2019 juga diikuti tiga asosiasi profesi, termasuk didalamnya juga kalangan akademisi yang mengisi beberapa sesi seminar dan firma konsultan pengadaan barang/jasa terkemuka.

Menurt dia, acara ini merupakan kegiatan besar perdana yang dilaksanakan pengurus DPP IAPI 2018-2021 dan berlokasi di luar Ibukota negara, sehingga diharapkan kegiatan ini turut mengembangkan perekonomiam di daerah.

"Kegiatan IPFE merupakan rangkaian acara untuk mempersiapkan World Procurenment Summit di Nusa Dua, Bali pada 2020 dan direncanakan akan menjadi Procurenment forum pertama terbesar di dunia, karena akan dihadiri lebih dari 48 negara," katanya.

Sementara itu, Ketua LKPP Ronny Dwi Susanto mengatakan, program IPFE oleh IAPI ini merupakan event penting yang juga mendukung LKPP dalam mengembangkan dan mengantisipasi masa depan pengadaan barang/jasa di Indonesia.

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar