Polda DIY gencarkan patroli "cyber" tangkal hoaks jelang Pemilu 2019

id Patroli cyber

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda DIY Kombes Pol Yoyon Toni Suryaputra saat ditemui di Mapolda DIY, Kamis. (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Satgas Nusantara menggencarkan patroli “cyber” untuk melacak akun-akun media sosial atau aplikasi yang menyebarkan konten hoaks maupun ujaran kebencian menjelang Pemilu 2019.

"Setiap hari kami terus mengecek semua aplikasi kalau sudah muncul aplikasi penyebar hoaks atau ujaran kebencian langsung kita lakukan pendalaman," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda DIY Kombes Pol Yoyon Toni Suryaputra di Mapolda DIY, Kamis.

Menurut dia, operasi “cyber” yang dilakukan bersama Bareskrim Polri diharapkan dapat menangkal upaya oknum-oknum yang ingin memperkeruh suasana menjelang Pilpres dan Pileg 2019.

Ia menilai momentum pesta demokrasi rentan dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan hasutan dengan hoaks dan ujaran kebencian melalui media soasial seperti facebook dan twitter.

"Jangan sampai jelang pilpres dan pileg ini dimanfaatkan orang-orang tidak bertanggung jawab untuk membuat situasi menjadi tidak kondusif melalui penyebaran hoaks dan ujaran kebencian," kata dia.

Meski demikian, kata Yoyon, hingga saat ini tim yang melakukan patroli “cyber” belum menemukan akun-akun penyebar hoaks maupun ujaran kebencian di Yogyakarta. "Sampai sekarang belum ada temuan. Belum ada yang menjurus ke situ," kata dia.***2***

 
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar