Polda DIY fokus gesekan antarsimpatisan pada kampanye terbuka

id Apel siaga

Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI M Zamroni melakukan inspeksi pasukan pada Apel Siaga Pengamanan Pemilu 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman Jumat 22 Maret 2019. (Foto Antara/Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (ANTARA) - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta bersama instansi terkait siap melakukan pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019 terutama saat pelaksanaan kampanye terbuka yang rawan terjadi gesekan antarsimpatisan.

"Pada pelaksanaan kampanye terbuka ini, pasti pengerahan massa akan lebih besar, sehingga potensi gesekan antarsimpatisan ini yang menjadi fokus pengamanan kami," kata Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri pada Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019 di Stadion Maguwoharjo, Jumat.

Menurut dia, dalam upaya pengamanan tersebut pihaknya akan mempertebal pengamanan di lokasi-lokasi yang dianggap rawan dan pada jalur yang dilintasi para simpatisan partai saat kampanye terbuka.

"Lokasi rawan juga ada di permukiman yang dihuni kelompok simpatisan pendukung tertentu yang juga ada potensi gesekan menjadi fokus kami," katanya.

Kapolda juga mengingatkan kepada seluruh simpatisan partai agar saat berkampanye turut mematuhi aturan berlalu-lintas.

"Kami tidak akan segan untuk menindak pelanggaran. Semua harus sesuai aturan, knalpot blombongan akan kami tindak tegas," katanya.

Ia mengatakan, untuk menjaga suasana pemilu 2019 agar aman turut diturunkan juga personel TNI dan potensi masyarakat (Potmas).

"Giat pengamanan ini sifatnya Oprasi Mantap Brata, jadi nanti TNI di bawah kendali Kepolisian, artinya juga membantu tugas-tugas kepolisian," katanya.

Dofiri mengatakan, untuk pengamanan Pemilu 2019 pihaknya menurunkan sebanyak 2/3 dari jumlah total personel atau sekitar 8.000 personel," katanya.

Sedangkan Danrem 072/ Pamungkas Brigjen TNI Muhamad Zamroni mengatakan dalam pengamanan Pemilu 2019 untuk TNI ada 2.000 personel.

"Intinya kami siap membantu Kepolisian untuk mengamankan Pemilu 2019," tegas Zamroni dalam apel yang mengangkat tema "Tingkatkan Sinergitas TNI-Polri dengan Komponen Bangsa Lainnya Guna Mewujudkan Kamdagri yang Kondusif" tersebut.

Ia menegaskan,  kesiapan anggotanya untuk pengamanan pemilu dan siap untuk membantu tugas dari kepolisian.

"Kami juga mengimbau agar warga sama-sama menjaga pesta demokrasi ini," katanya.***2***


Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar