Partai Nasdem optimistis peroleh 100 kursi DPR

id nasdem

Partai Nasdem optimistis peroleh 100 kursi DPR

Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh (kanan) bersama Ketua Bappilu Effendy Choirie (kiri).(Foto Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Partai Nasdem optimistis masuk tiga besar partai pemenang Pemilu 2019 dengan perolehan minimal 100 kursi DPR RI.

"Optimisme itu dilandasi kerja-kerja politik yang dilakukan Nasdem selama beberapa tahun terakhir," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Nasdem Effendy Choirie dalam keterangan tertulis yang diterima di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Effendy Choirie yang akrab disapa Gus Choi, optimisme Partai Nasdem itu setelah mengevaluasi kerja partai menghadapi Pemilu 2019 yang tinggal beberapa hari lagi.

Seluruh kader dan caleg Partai Nasdem, kata dia, semakin serius dan bersungguh-sungguh bekerja memenangkan partai dan pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin pada pemilu yang dilaksanakan serentak pada 17 April 2019.

"Kami sangat yakin akan masuk tiga besar. Kami juga yakin target ketua umum bahwa Nasdem mendapat 100 kursi DPR, tidak meleset," kata Gus Choi.

Menanggapi adanya hasil survei lembaga survei tertentu yang menempatkan Nasdem masih di bawah Parliamentary Threshold sebesar empat persen, Gus Choi mengatakan itu hal biasa.

Menurut calon anggota DPR RI dari Partai Nasdem, Daerah Pemilihan Jawa Timur X (Gresik, Lamongan) nomor urut 1 itu, masyarakat tidak terpukau pada hasil survei satu lembaga survei, karena lembaga survei yang lain menempatkan Nasdem di atas lima persen.

"Sebelum Pemilu 2014, lembaga survei menyatakan Nasdem hanya mendapat 1,3 persen suara. Namun, hasil Pemilu 2014 Nasdem mendapat 6,7 persen. Jadi, kami sudah biasa menghadapi survei-survei semacam itu," katanya.

Ia mengatakan bahwa yang disurvei lembaga-lembaga survei saat ini murni hanya menyangkut elektabilitas partai, belum termasuk caleg. Padahal kontribusi caleg pada elektabilitas partai cukup besar.

"Caleg-caleg Partai Nasdem adalah tokoh-tokoh yang mumpuni di daerahnya masing-masing. Belum termasuk para pesohor atau artis yang tentu mempunyai kontribusi besar untuk partai," kata Gus Choi.

Gus Choi juga optimistis capres-cawapres yang diusung Nasdem, Jokowi-Ma'ruf, akan menang pada Pemilu 2019. Berbagai lembaga survei menegaskan pasangan itu tidak terkejar pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Nasdem sangat optimistik Jokowi-Ma'ruf unggul. NasDem dan partai-partai koalisi akan terus mematangkan kemenangan Jokowi-Ma'ruf," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024