KPU Yogyakarta tambah pelipat surat suara hingga 250 orang

id Surat suara

Penyortiran dan pelipatan surat suara di KPU Kota Yogyakarta (Foto Antara/Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta akan menambah petugas untuk menyortir dan melipat surat suara hingga mencapai 250 orang guna memastikan seluruh surat suara terlipat dan dapat didistribusikan tepat waktu.

“Karena jumlah surat suara yang harus dilipat bertambah banyak dan waktu yang tersisa terbatas, maka kami memutuskan menambah petugas untuk menyortir dan melipat surat suara,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta Hidayat Widodo di Yogyakarta, Sabtu.

Hingga saat ini, KPU Kota Yogyakarta sudah menyelesaikan penyortiran dan pelipatan surat suara DPR RI. Namun, masih menunggu kedatangan empat jenis surat suara lainnya yaitu, DPRD DIY, DPRD Kota Yogyakarta, DPD dan pemilihan presiden-wakil presiden.

Sesuai jadwal, Hidayat mengatakan, keempat jenis surat suara tersebut seharusnya tiba pada Sabtu (23/3), namun belum dapat dipastikan waktunya sehingga kami merencanakan kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara dilakukan mulai Minggu (24/3).

“Keempat surat suara ini dikirim dari percetakan di Jakarta. Mudah-mudahan saja tidak banyak yang rusak dan harus diganti,” katanya.

Tidak seperti saat penyortiran dan pelipatan surat suara DPR RI yang dipusatkan di gudang KPU Yogyakarta di sekitar ring road timur, maka proses sortir dan lipat untuk tahap dua akan dilakukan di gudang KPU Yogyakarta yang berada di Patehan.

“Semuanya dilakukan di Patehan. Gudang KPU Yogyakarta di ring road akan lebih difungsikan untuk ‘packing’ dan ‘setting’,” katanya.

Proses sortir dan lipat untuk empat jenis surat suara tersebut diharapkan selesai dalam waktu 10 hari atau pada 2 April. Berdasarkan proses sortir dan lipat sebelumnya, setiap petugas rata-rata dapat menyelesaikan 700 lembar setiap hari.

Sedangkan untuk surat suara yang akan diterima, Hidayat mengatakan, jumlahnya sama seperti surat suara untuk DPR RI yaitu masing-masing jenis surat suara sebanyak 316.659 lembar ditambah 1.000 lembar surat suara untuk pemungutan suara ulang.

Hidayat menyebut, jumlah surat suara yang akan diterima sudah mencakup tambahan dua persen untuk surat suara cadangan. “Tambahan dua persen cadangan dihitung per TPS dengan pembulatan ke atas. Berdasarkan hitungan kami, surat suara masih cukup digunakan untuk mengakomodasi pemilih tambahan,” katanya.

Selain persiapan surat suara, KPU Kota Yogyakarta juga akan melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang akan digelar Minggu (24/3) dengan diikuti sekitar 100 pemilih.

“Kami simulasikan sesuai kondisi saat pemungutan suara nanti sehingga petugas di TPS pun memiliki gambaran dan siap saat hari H pemilu,” kata Komisioner KPU Kota Yogyakarta Aris Munandar. 

 

 

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar