Foto Curug Pulosari juarai lomba foto Destinasi Wisata Bantul

id Pemenang foto

Para pemenang lomba Foto Destinasi Wisata Bantul 2019 saat menerima penghargaan dari Dinas Pariwisata Bantul (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Foto wisata alam Curug Pulosari di Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi juara dalam lomba foto Destinasi Wisata Bantul 2019 yang diadakan Dinas Pariwisata setempat.

"Curug Pulosari menjadi karya terbaik bukan karena wisatanya yang kurang terekspose, namun momen (pengambilan) yang pas, cuaca bagus tidak hujan dan alami," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Bantul Ni Nyoman Yudiriani disela penyerahan hadiah lomba foto di Bantul, Sabtu.

Foto Wisata Curug Pulosari yang terletak di jurang kawasan Desa Wisata Krebet karya Fahmi Hidayat itu berhasil mengalahkan ratusan foto yang dikirimkan oleh ratusan peserta lomba foto bertema destinasi wisata alam di Bantul.

Ia mengatakan, sedangkan pada pemenang kedua yaitu foto 'Menikmati senja di Puncak Sosok Desa Bawuran Pleret karya Giri Wijayanto, kemudian juara tiga foto 'Serunya Karst Tubing di Sedayu' karya Vendi Rizky.

"Tema lomba foto ini memang destinasi di Bantul baik wisata alam maupun wisata buatan. Karena kita ingin mengangkat dan mempromosikan potensi wisata Bantul agar dikenal masyarakat yang lebih luas," katanya.

Selain mengambil tiga pemenang, kata dia, panitia juga mengambil tiga karya foto sebagai juara harapan satu, dua dan tiga. Kemudian 19 karya foto sebagai juara favorit dari para peserta lomba yang bisa mengambil foto sejak 1 Juni 2018 sampai 15 Maret 2019.

"Pemenang lomba mendapatkan hadiah berupa piagam, tropi dan uang pembinaan, jadi total ada 25 karya foto yang akan kita pakai sebagai wahana promosi wisata. Ini sebagai dokumen foto kami untuk materi promosi pariwisata Bantul," katanya.

Nyoman mengatakan, dalam lomba tersebut, panitia telah mengumpulkan sebanyak 788 karya foto dari sebanyak 189 peserta atau fotografer, sebab setiap peserta diperbolehkan mengirimkan sebanyak tiga sampai lima karya foto wisata Bantul.

"Kalau kriteria foto boleh gunakan model, boleh tidak, namun rata-rata gunakan model, namun objek wisata tetap yang utama, termasuk keaslian foto. Kalau peserta dari luar Bantul banyak, ada dari Yogyakarta, Kulon Progo dan Gunung Kidul," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar