Bupati Bantul resmikan gedung SDN Ciren bantuan Astra

id Peresmian SD

Bupati Bantul resmikan gedung SDN Ciren bantuan Astra

Peresmian Gedung SD Negeri Ciren bantuan PT Astra International oleh Bupati Bantul dan Ketua Pengurus YPA-MDR (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul Suharsono meresmikan bangunan gedung Sekolah Dasar Negeri Ciren Desa Triharjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta bantuan PT PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR).

"Gedung SD Negeri Ciren dengan luas bangunan kurang lebih 1.510 meter persegi itu berkonsepkan Green School," kata Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo disela peresmian Gedung SDN Ciren bersama Bupati Bantul di Bantul, Senin.

Menurut dia, pembangunan SD Negeri Ciren yang dilakukan sejak Januari 2018 tersebut meliputi fasilitas sekolah seperti tiga ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang tata usaha, ruang komputer, ruang UKS, aula, mushola, kantin, plaza belajar dan toilet.

"Proses pembangunannya dapat diselesaikan selama 11 bulan. Sarana dan prasarana tersebut sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum Pendidikan, bahkan melebihi," katanya.

Herawati mengatakan, khusus di Kabupaten Bantul, sejak 2007 Astra merintis dan membina SD Negeri Ciren, SD Negeri Jigudan, SD Negeri Gunturan, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Pandak dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pandak.

"Bantuan pendidikan dengan konsep sekolah eskalator yaitu pembinaan berjenjang pada SD, SMP dan SMK pada bidang akademik dan non-akademik di Bantul hingga 2018 telah menorehkan prestasi diantaranya SMPN 4 Pandak meraih juara dua Lomba Motivasi Belajar Mandiri tingkat Nasional," katanya.

Sedangkan pada tingkat Provinsi, SDN Gunturan meraih Juara 1 Lomba Dokter Kecil, SMKN 1 Pandak  menjuarai Lomba Kompetensi Siswa bidang Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) dan SMPN 4 Pandak meraih Juara 1 Lomba FLS2N Musik Tradisional.

"Sementara itu, pada tingkat kabupaten, SD Negeri Jigudan menjuarai Lomba Voli Putra. Serta baru-baru ini SD Negeri Ciren dinobatkan sebagai Sekolah Sehat tingkat Kabupaten," katanya.

Menurut dia, pola pembinaan YPA-MDR
YPA-MDR meningkatan kualitas pendidikan di daerah prasejahtera melalui empat pilar pembinaan yaitu akademis, karakter, kecakapan hidup dan seni budaya sehingga menjadi Sekolah Swapraja menuju Sekolah Unggul.

"Sejak 2006 hingga kini, YPA-MDR telah membina 76 sekolah negeri, 977 guru dan 16.894 siswa. Yang terdiri dari 57 SD, 15 SMP dan empat SMK yang terletak di Lampung Selatan, Bogor, Serang, Gunung Kidul, Bantul, Pacitan, Kutai Barat, Kupang dan Rote Ndao," katanya.

Sementara itu, Bupati Bantul Suharsono mengatakan, pembangunan gedung SD Negeri Ciren merupakan bentuk komitmen Astra dalam ikut mempersiapkan dan mencetak kader penerus bangsa yang akan mampu bersaing dan siap menjadi pemimpin.

"Oleh karena itu saya berpesan kepada mari kita gunakan dan rawat gedung ini dengan sebaik-baiknya. Kita rawat kebersihannya sehingga akan memberikan kenyamanan di dalam kegiatan proses belajar mengajar di sekolah ini," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024