RRI Yogyakarta berkomitmen sukseskan Pemilu 2019

id rri

LPP RRI (ANTARA News)

Yogyakarta (ANTARA) - Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Yogyakarta berkomitmen menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 melalui berbagai program siaran dan kegiatan untuk memberikan informasi dan pencerahan kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dan menolak politik uang.

"Salah satu bentuk komitmen itu RRI dalam program siarannya terus menggelorakan tagline 'nyoblos itu keren' dan 'memilih itu juara', serta melakukan sosialisasi Pemilu 2019 kepada masyarakat," kata Kepala Stasiun RRI Yogyakarta Redno Desy Swasri di Yogyakarta, Senin.

Pada Sosialisasi Pemilu 2019 di Auditorium RRI Yogyakarta, Redno mengatakan hal itu merupakan bukti keseriusan dan komitmen RRI untuk memberikan informasi dan pencerahan kepada seluruh masyarakat agar cerdas dalam memilih dan tidak golput.

"Kami berharap masyarakat menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan generasi milenial atau pemilih pemula diharapkan tidak golput, karena suara mereka menentukan masa depan bangsa," kata Redno.

Komisioner Bawaslu DIY Amir Nashirudin mengatakan masyarakat perlu berpartisipasi dalam mencegah racun demokrasi berupa politik uang dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Peran masyarakat penting agar pesta demokrasi terhindar dari racun demokrasi.

"Bawaslu terus berupaya melakukan pencegahan dan membangun kesadaran masyarakat untuk menolak politik uang. Saat ini sudah ada 40 desa antipolitik uang di wilayah DIY," kata Amir.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY Ahmad Sidqi mengatakan pemilu merupakan pesta demokrasi yang menentukan masa depan bangsa Indonesia.

"Pemilu merupakan pintu masuk untuk memenuhi hajat hidup orang banyak, karena bagaimana pun pesta demokrasi itu menentukan nasib bangsa ke depan," kata Ahmad.

AKBP Suyono dari Polda DIY mengatakan kepolisian bersama instansi terkait telah melakukan pemetaan potensi kerawanan di lima kabupaten/kota di wilayah DIY. Potensi kerawanan terutama di tempat pemungutan suara (TPS).

"Berdasarkan pemetaan tersebut, Kota Yogyakarta termasuk memiliki tingkat kerawanan yang relatif tinggi, dibanding Kabupaten Sleman, Bantul, Gunung Kdiul, dan Kulon Pogo," kata Suyono.

Sosialisasi Pemilu 2019 bertema "Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Menggunakan Hak Politik Tanpa Golput pada Pemilu 2019" itu diselenggarakan RRI Yogyakarta bekerja sama dengan KPU DIY dan Bawaslu DIY.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar