KPU Bantul libatkan 18 penyandang disabilitas pelipatan surat suara

id KPU Bantul

KPU Bantul libatkan 18 penyandang disabilitas pelipatan surat suara

Kantor KPU Bantul (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta melibatkan sebanyak 18 orang penyandang disabilitas sebagai tenaga pelipatan dan sortir surat suara untuk Pemilu serentak 2019.

"Kita melibatkan sebanyak 18 orang penyandang disabilitas sebagai petugas sortir dan lipat surat suara, dari total sebanyak 270 orang yang kita libatkan," kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho di Bantul, Selasa.

Menurut dia, pelibatan tenaga dari kalangan disabilitas itu sebagai bagian dari upaya KPU untuk sosialisasikan tahapan penyelenggaraan Pemilu 2019 agar nantinya bisa berpartisipasi maksimal dalam pelaksanaannya.

"Ini (pelibatan disabilitas) tidak hanya di Pemilu ini saja, tetapi sudah sejak Pemilu 2014, kemudian Pilkada 2015, karena kita ingin teman-teman disabilitas itu ikut semua proses dari pemutakhiran data pemilih hingga penyiapan logistik," katanya.

Dia juga mengatakan, tahapan sortir dan lipat surat suara Pemilu di beberapa gudang KPU Bantul sudah dimulai sejak pertengahan Maret dan dijadwalkan selesai akhir bulan, untuk kemudian persiapan distribusi ke TPS.

"Sejauh ini (pekerjaan disabilitas) tidak kalah, karena yang penting bisa membaca melihat dan berhitung dengan baik, dan mereka ini disabilitas daksa, jadi tidak mengganggu tugas utama mereka," katanya.

Didik juga mengatakan, pelibatan tenaga dari disabilitas juga dilakukaan saat sosialisasi pemilu, bahkan KPU juga membuat leaflet khusus untuk tunanetra, agar nanti mengetahui tata cara pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

"Kemudian saat pemungutan kita akan memastikan TPS yang ada di Bantul ini akses disabilitas, jadi memang kita berharap semua tahapan ini teman disabilitas ikut," katanya.

Untuk Pemilu serentak 2019 di Bantul jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan KPU Bantul berjumlah 707.009 pemilih, sehingga jumlah surat suara yang diterima masing-masing sejumlah DPT ditambah dua persen cadangan.


 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar