Bupati Sleman lakukan panen raya padi

id Panen raya padi

Bupati Sleman Sri Purnomo melakukan panen raya padi bersama di Gapoktan Agro, Jogotirto, Berbah. (Foto Antara/ Humas Sleman)

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo melakukan panen raya padi 2019 bersama dan meresmikan mesin pengering padi di Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Agro, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Selasa.

Bupati Sleman Sri Purnomo berharap dengan adanya mesin pengering padi yang baru diresmikan tersebut dapat meningkatkan produktifitas para petani sekaligus juga mempertahankan swasemda pangan Kabupaten Sleman.

"Dengan adanya mesin ini, walaupun suatu saat ada musim hujan tetap bisa produksi," katanya.

Menurut dia, dengan menggunakan alat yang baru saja diresmikan tersebut para petani akan tetap melakukan produksi 6 ton padi  dan memakan waktu 15 jam dalam satu kali produksi.

Bupati juga mengapresiasi Gapoktan Jogotirto karana sudah menggunakan lebel "Beras Sleman" dalam pengemasannya.

"Saya mengajak kepada seluruh warga Sleman untuk mengkonsumsi hasil produk lokal yakni Beras Sleman. Kita bangga dengan produk kita, semoga akan meningkat penjualan 'Beras Sleman'," katanya.

Ia mengataakn, di Kabupaten Sleman pada 2018 surplus 86 ribu ton beras dan mempertahankan Sleman sebagai lumbung beras DIU.

"Diharapkan kedepannya Sleman mampu mempertahankan produksi berasnya bahkan meningkat," katanya.
 
Bupati Sleman Sri Purnomo meresmikan mesin pengering padi di Gapoktan Agro, Jogotirto, Berbah. (Foto Antara/ Humas Sleman)

Ketua Gapoktan Agro Maryadi mengatakan dengan adanya mesin pengering baru tersebut sangat membantu dalam proses pengolahan padi menjadi lebih cepat dan efektif.  

"Gapoktan Jogotirto berdiri pada 19 Maret 2018 beranggotakan 18 kelompok tani dengan luas lahan pertanian padi di Jogotirto seluas 316 hektare berhasil memangasilkan rata-rata 9,3 ton per hektare," katanya.

Ia mengatakan, selain untuk segmen pasar dan rumah makan, produksi beras Gapoktan Agro Jogotirto juga termasuk dalam penyuplai Beras Sleman untuk aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Sleman.***1***


Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar