KPU Sleman pastikan surat suara pemilu mencukupi

id Ketua KPU Sleman

KPU Sleman pastikan surat suara pemilu mencukupi

Ketua KPU Kabupaten Sleman Trapsi Haryadi (Foto Antara/Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan surat suara untuk Pemilu 2019 mencukupi, meskipun diperkirakan akan ada tambahan pemilih menggunakan surat keterangan (suket) perekaman KTP elektronik dan penambahan pemilih potensial lainnya di wilayah itu.

"Kami pastikan surat suara aman, termasuk jika ada tambahan pemilih yang menggunakan suket perekaman KTP  elektronik maupun tambahan pemilih lainnya," kata Ketua KPU Kabupaten Sleman Trapsi Haryadi di Sleman, Senin.

Menurut dia, sebelumnya pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas terkait agar mendata dan mengidentifikasi pemilih potensial yang kemungkinan bisa menambah jumlah pemilih.

"Pemilih potensial meliputi warga yang berusia 17 tahun pada 17 April. Selain itu, ada juga anggota polisi atau TNI yang purna tugas pada 17 April yang juga  masuk dalam pemilih potensial," katanya.

Ia mengatakan, semua pemilih potensial tersebut sudah diakomodasi dan masuk ke daftar pemilih tetap (DPT) sejak satu bulan yang lalu.

"Dengan demikian kami pastikan untuk surat suara tidak ada masalah," katanya.

Trapsi mengatakan, untuk surat suara yang rusak saat sortir dan lipat jumlahnya tidak signifikan. Hingga saat ini hanya ditemukan 0,01 persen surat suara yang rusak.

"Nanti kami rapat pleno dan akan segera berkirim surat ke KPU RI untuk meminta tambahan surat suara sebanyak surat suara yang rusak," katanya.

Ia mengatakan, saat ini jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) di Sleman mencapai 774.609 orang. Jumlah itu merupakan hasil penambahan dari Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Tahap 2 (DPT HP-2).

"Sehingga, jumlah surat suara yang diterima berdasarkan DPTHP-2 + 2 persen sebanyak 3.950.510 lembar surat suara," katanya. ***2***

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar