Gunung Kidul memugar Situs Sokoliman sebagai tujuan wisata

id situs sokoliman,situs sejarah yogyakarta,pelestarian cagar budaya

Situs Sokoliman di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.(ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (ANTARA) - Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunung Kidul akan memugar Situs Sokoliman serta menambahkan fasilitas bagi pengunjung guna mengembangkan potensi wisata di tempat peninggalan sejarah itu.

"Situs ini akan kita pugar untuk ditata ulang tahun ini," kata Kepala Bidang Pelestarian dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan Gunung Kidul Agus Mantara di Gunung Kidul, Rabu.

Dia mengatakan pemugaran Situs Sokoliman merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah kabupaten terhadap setiap objek yang telah ditetapkan sebagai situs cagar budaya sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Anggaran dana untuk pemugaran Situs Sokoliman tahun ini nilainya Rp600 juta, berasal dari dana keistimewaan Yogyakarta. Apabila dalam pelaksanaannya masih ada aspek yang belum tersentuh, kegiatan pemugaran akan dilanjutkan pada tahun selanjutnya.

"Nanti akan kita lihat," kata Agus.

Selain merencanakan pemugaran situs, menurut Agus, pemerintah kabupaten juga akan menambahkan fasilitas WiFi di area tersebut.

"Setelah semuanya selesai akan ada fasilitas WiFi. Harapannya pengunjung bisa belajar di sana, dan itu menjadi lokasi yang menyenangkan untuk dikunjungi," katanya.

Kepala Seksi Kepurbakalaan dan Permuseuman Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunung Kidul Winarsih menambahkan dalam penataan Situs Sokoliman, akan ada penghilangan beberapa objek buatan yang dianggap bisa mengaburkan nilai sejarah dan budaya di dalamnya.

"Tiruan menhir artifisial dan pagar buatan yang menyerupai menhir akan kita hilangkan," katanya.


 
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar