KPU Bantul mendapatkan tambahan 278 kotak suara Pemilu 2019

id Kotak suara,kpu bantul,pemilu 2019

Kotak suara Pemilu 2019 di gudang KPU Bantul (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mendapatkan tambahan sebanyak 278 kotak suara untuk dipergunakan proses rekapitulasi pemungutan suara di tingkat panitia pemilihan kecamatan.

"Untuk kotak suara dari kekurangan kemarin itu kita sudah mendapatkan tambahan sebanyak 278 kotak, itu peruntukannya untuk kotak rekap di tingkat kecamatan (PPK)," kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho di Bantul, Rabu.

Menurut dia, sebanyak 278 kotak suara berbahan karton yang diterima beberapa hari lalu itu nantinya akan didistribusikan ke semua PPK di 17 kecamatan se-Bantul, sebab untuk masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) sudah siap.

"Jadi kalau yang untuk kotak suara TPS sudah selesai jumlahnya totalnya sebanyak 15.200 kotak, kemudian yang kita terima kemarin itu untuk alokasi proses rekap di masing masing kecamatan," katanya.

Untuk masing-masing TPS di Bantul yang jumlahnya 3.040 TPS itu kebutuhannya lima kotak suara, hal itu sesuai dengan lima jenis surat suara Pemilu serentak 2019, yaitu surat suara DPRD kabupaten, DPRD provinsi, DPD dan DPR serta pasangan capres-cawapres.

"Rata-rata tiap kecamatan membutuhkan sekitar 13 kotak sampai 17 kotak, itu nanti diantaranya untuk C1, C7 atau daftar hadir pemilih, jadi peruntukan untuk beberapa varian masing masing kotak di tingkat PPK," katanya.

Dia menjelaskan, saat proses perakitan kotak suara untuk semua TPS yang lalu memang ditemukan puluhan kotak suara rusak akibat basah dan lembab karena diakibatkan proses pengiriman dari percetakan yang dimungkinkan kena hujan.

Namun demikian, kerusakan kotak suara itu sudah diusulkan penggantian, dan sudah diterima bersamaan dengan kotak untuk rekap tingkat PPK itu."Yang 278 kotak suara itu sudah termasuk itu (penggantian kotak rusak)," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar