DP3 Sleman membantu petani mesin pengering gabah dongkrak produksi

id Mesin pengering gabah,Sleman

DP3 Sleman membantu petani mesin pengering gabah dongkrak produksi

Bupati Sleman Sri Purnomo meresmikan mesin pengering gabah di Gapoktan Agro Jogotirto, Berbah beberapa waktu lalu. (Foto Antara/ Humas Sleman)

Sleman (ANTARA) - Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan bantuan mesin pengering gabah untuk gabungan kelompok tani (gapoktan) guna mendongkrak produksi beras di wilayah setempat.

"Kami targetkan untuk menyalurkan bantuan pengering gabah sebanyak tujuh unit ke gapoktan. Saat ini baru dua mesin yang sudah disalurkan yakni untuk wilayah Sleman timur dan tengah," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan DP3 Kabupaten Sleman Rofiq Andriyanto di Sleman, Minggu (7/4).

Menurut dia, dengan bantuan mesin pengering gabah tersebut diharapkan dapat membantu mempercepat serapan beras di pasaran.

"Saat ini masih banyak petani yang mengeringkan gabah secara manual, sehingga sangat tergantung cuaca," katanya.

Ia mengatakan, dalam kondisi cuaca yang masih basah pada musim hujan ini tentu akan menghambat produktivitas yang bisa berakibat penyerapan beras tidak maksimal.

"Dua alat pengering yang telah disalurkan di Sleman bagian timur dan tengah, diharapkan dapat mengoptimalkan produksi beras. Target ke depan, Sleman barat juga bisa mendapatkan mesin pengering dengan kapasitas dari 6 hingga 10 ton. Karena lahan terbatas nantinya hanya akan ada 5 sampai 7 alat pengering," katanya.

Ketua Gapoktan Agro Jogotirto, Berbah Maryadi mengatakan dengan adanya mesin pengering tersebut sangat membantu dalam proses pengolahan padi menjadi lebih cepat dan efektif.

"Luas lahan pertanian padi di Jogotirto mencapai 316 hektare. Biasanya rata-rata panen sekitar 9,3 ton perhektare.

Ia mengatakan dengan adanya mesin pengering baru tersebut sangat membantu dalam proses pengolahan padi menjadi lebih cepat dan efektif.

"Gapoktan Jogotirto berdiri pada 19 Maret 2018 beranggotakan 18 kelompok tani. Selain untuk segmen pasar dan rumah makan, produksi beras Gapoktan Agro Jogotirto juga termasuk dalam penyuplai Beras Sleman untuk aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Sleman.

Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan produksi beras di wilayah setempat sebanyak 273.000 ton pada 2019.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar