Taman Pintar Yogyakarta menerapkan manajemen ramah lingkungan

id Taman Pintar, ramah lingkungan

Taman Pintar Yogyakarta menerapkan manajemen ramah lingkungan

Taman Pintar Yogyakarta (Foto ANTARA/Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Tempat wisata edukasi di Kota Yogyakarta, Taman Pintar segera menerapkan manajemen pengelolaan tempat wisata yang ramah lingkungan guna mendukung upaya pemerintah melestarikan lingkungan sekaligus memberikan edukasi kepada pengunjung.

“Ada tiga program manajemen pengelolaan ramah lingkungan yang akan kami terapkan yaitu program konservasi air, listrik dan pengolahan sampah mandiri,” kata Kepala Bidang Taman Pintar Kota Yogyakarta Afia Rosdiana di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, program konservasi air yang akan diterapkan di antaranya adalah melakukan daur ulang air sehingga air tidak terbuang begitu saja tetapi bisa digunakan kembali. Salah satunya adalah menampung air wudhu dari pengunjung untuk digunakan kembali.

“Tentunya, air wudhu tersebut sudah disaring dan diolah kembali, sehingga menjadi air bersih dan bisa dimanfaatkan oleh pengunjung lain. Dengan demikian, Taman Pintar Yogyakarta dapat melakukan penghematan konsumsi air tanah. Sedangkan untuk program konservasi energi listrik akan dilakukan dengan penggunaan lampu hemat energi yang bisa menyala secara otomatis saat dibutuhkan, serta melakukan pemutakhiran berbagai peralatan agar hemat energi,” katanya.

“Misalnya saja penggantian lampu di toilet. Lampu akan otomatis menyala jika ada pengunjung yang menggunakannya dan lampu otomatis padam jika sudah tidak ada orang di toilet,” katanya.

Taman Pintar, lanjut Afia, akan melakukan penghitungan dan evaluasi terhadap efisiensi atau penghematan energi listrik yang digunakan setiap tiga bulan sekali.

Sementara itu, untuk program pengolahan sampah mandiri sudah mulai dilakukan dengan pemilahan sampah. Taman Pintar menyiapkan tempat sampah organik dan anorganik meskipun banyak pengunjung yang belum memahami dan langsung membuang sampah tanpa melihat jenisnya.

“Petugas kami pun harus memilah ulang sampah tersebut dan saat ini hanya ada sekitar 20 persen sampah yang dibuang ke depo sampah. Lainnya diolah secara mandiri,” katanya.

Taman Pintar juga akan menyiapkan Zona Pengolahan Sampah sebagai salah satu zona yang bisa dikunjungi wisatawan untuk mengetahui cara pengolahan dan pemilahan sampah yang baik dan benar. Zona tersebut rencananya dibuka pada 20 Mei.

“Ada beberapa metode pengolahan sampah organik yang akan dilakukan, seperti biopori, komposter dan lalat hitam. Sedangkan untuk sampah anorganik akan dikumpulkan dan disetor ke bank sampah,” kata Afia.

Selain melakukan tindakan dengan beragam program konservasi, Afia menambahkan, Taman Pintar Yogyakarta juga akan menggencarkan kampanye ke wisatawan tentang berbagai kegiatan yang bisa dilakukan secara mudah oleh masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Untuk manajemen ramah lingkungan ini, slogan kami adalah ‘awareness, action, agent’,” katanya yang menyebut jumlah pengunjung Taman Pintar rata-rata mencapai satu juta orang per tahun.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024