Penumpang KA lokal Daop 6 digratiskan satu hari

id Kereta lokal, Daop 6, prameks,Gratis

Prambanan Ekspres (Prameks) adalah salah satu kereta lokal yang dioperasionalkan oleh PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta, (Daop 6 Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Masyarakat pengguna moda transportasi kereta api lokal atau komuter dan kereta api perintis di wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta dapat menikmati perjalanan kereta gratis selama satu hari pada Sabtu (13/4).

“Ada tiga kereta lokal dan perintis di wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 yang akan digratiskan, yaitu Prambanan Ekspres, Batara Kresna dan Kalijaga,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Jumat.

Kereta api Prambanan Ekspres (Prameks) melayani rute Yogyakarta-Kutoarjo, Yogyakarta-Solo dan Solo-Kutoarjo, sedangkan Kalijaga melayani rute Solo Balapan-Semarang Poncol dan kereta perintis Batara Kresna melayani rute Purwosari-Wonogiri.

PT KAI Daop 6 Yogyakarta mencatat, rata-rata jumlah penumpang Prameks bisa mencapai sekitar 10.000 orang per hari dengan tarif satu kali perjalanan Solo-Yogyakarta Rp8.000, sedangkan harga tiket Batara Kresna Rp4.000 dan tiket Kalijaga Rp10.000 untuk perjalanan sekitar 2 jam 40 menit.

Meskipun digratiskan, namun masyarakat yang ingin menikmati moda transportasi tersebut tetap diminta membeli tiket tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun di loket stasiun keberangkatan pada hari H keberangkatan secara “go-show”.

Setiap calon penumpang hanya bisa membeli satu tiket, kecuali membawa anak berusia di bawah 10 tahun atau lansia. PT KAI Daop 6 menyediakan tiket sesuai kapasitas tiap kereta api yang akan diberangkatkan.

“Sebelumnya, kami mohon maaf jika besok ada penumpang yang tidak terangkut karena kapasitas setiap kereta dibatasi sesuai aturan demi keselamatan perjalanan,” kata Eko.

Ia memastikan, meskipun perjalanan kereta lokal digratiskan selama satu hari, namun PT KAI Daop 6 tetap akan mengedepankan aspek keselamatan dan kenyamanan.

“Keselamatan penumpang dan perjalanan kereta api tetap menjadi prioritas,” katanya.

Sementara itu, bagi masyarakat yang sudah terlanjur membeli tiket jauh hari sebelumnya dengan tarif normal, maka penumpang tersebut bisa mengambil bea pengganti tiket di stasiun kedatangan maksimal tiga hari sejak kedatangan.

Kebijakan PT KAI untuk menggratiskan perjalanan kereta lokal atau komuter bersubsidi PSO serta kereta perintis tersebut dilakukan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-21 BUMN. “Harapannya, kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan semakin meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kereta api,” katanya.

Sebelumnya, dalam rangka peringatan ulang tahun BUMN, PT KAI Daop 6 juga telah menggelar bakti sosial berupa pasar murah sembako untuk warga yang tinggal di sekitar titik-titik operasional kereta api.



 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar