ACT DIY fasilitasi pelatihan P3K kepada ibu rumah tangga di Sleman

id Act,ACT DIY,pelatihan P3K,pelatihan P3K ibu rumah tangga

ACT DIY menggelar pelatihan penanganan pertama pada kecelakaan (P3K) kepada ibu rumah tangga di Kabupaten Sleman, Sabtu. (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Akademi Relawan Indonesia (ARI) yang tergabung dalam Aksi Cepat tanggap (ACT) DIY menggelar pelatihan penanganan pertama pada kecelakaan (P3K) kepada ibu rumah tangga di Kabupaten Sleman, Sabtu.

Acara yang digelar di Dusun Nanggulan, Kelurahan Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Sleman ini setidaknya diikuti oleh 51 Ibu-ibu warga setempat.

"Setiap individu harapannya dapat menguasai keterampilan medis tingkat dasar, agar ketika mendapati peristiwa kecelakaan dapat menjadi penolong pertama," kata Instruktur medis dari ACT DIY, Rahmad Widodo di sela pelatihan.

Pelatihan dan juga sekaligus simulasi P3K ini, kata Rahmad, ditujukan agar masyarakat bisa memberi pertolongan pertama ketika terjadi kecelakaan, seperti mengecek denyut nadi, jalan pernafasan, perawatan luka ringan, hingga pertolongan pada korban patah tulang.

"Jika penanganan pertama pada kecelakaan bisa dilakukan oleh seluruh ibu rumah tangga, akan ada banyak penyakit berbahaya yang bisa dicegah," kata dia.

Oleh sebab itu, menurut dia, pelatihan kepada ibu-ibu rumah tangga penting dilakukan agar paham dan sigap dalam melakukan penanganan pertama pada kecelakaan.

Pada kesempatan tersebut, ketua PKK Dusun Nanggulan, Mei mengatakan, sebaiknya pelatihan P3K terus dilakukan supaya masing-masing ibu rumah tangga memahaminya. "Kami berharap ibu rumah tangga bisa menjadi dokter untuk rumahnya sendiri dan tidak sedikit-sedikit ke Puskesmas," kata dia.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar