Bupati Bantul memantau proses distribusi logistik Pemilu

id Bupati Bantul

Bupati Bantul memantau proses distribusi logistik Pemilu

Bupati Bantul Suharsono bersama aparat dari Polri dan TNI mengecek kotak suara Pemilu 2019 yang sudah terdistribusi di Desa Donotirto Kretek. (Foto: Antara/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Suharsono memantau proses distribusi logistik Pemilu 2019 berupa surat suara dan kotak suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum ke panitia pemungutan suara tingkat desa.

"Sesuai jadwal bahwa hari ini (Senin) sejak pagi dilakukan penyerahan logistik Pemilu dari KPU di masing-masing PPS (panitia pemungutan suara)," katanya usai memantau distribusi logistik Pemilu di Desa Donotirto Kecamatan Kretek Bantul, Senin.

Dalam pemantauan distribusi logistik Pemilu tersebut dibagi dua tim, tim pertama yang dipimpin Bupati memantau wilayah Bantul selatan, kemudian tim dua dipimpin Wakil Bupati Abdul Halim Muslih memantau Bantul utara.

Sesuai tahapan yang dijadwalkan KPU Bantul, proses distribusi logistik berupa surat suara dan kotak suara dan alat kelengkapan lainnya ke semua PPS dilakukan mulai 14 sampai 16 April, untuk kemudian distribusi ke TPS.

"Sejauh ini (logistik) siap, dan saya sendiri mulai hari ini sampai hari 'H' (pemungutan suara) akan terus turun langsung, saya perintahkan (jajaran) untuk turun monitoring langsung secara acak, keliling sampai subuh," ujarnya.

Bupati juga mengharapkan, agar aparat pemerintah dan kepolisian serta anggota TNI ikut mengawasi dan mengawal distribusi logistik, guna memastikan agar tidak terjadi hal tidak diinginkan saat distribusi dan penyimpanan.

"Saya perintahkan kapolsek masing-masing, danramil dan Satpol PP, setelah kelurahan (PPS) di wilayahnya menerima alat-alat pemilu, jaga ketat jangan sampai ada yang hilang, harus selalu siaga 24 jam," ucapnya.

Bupati Bantul juga mengimbau seluruh warga Bantul, termasuk para pegawai negeri menggunakan hak pilihnya di TPS dan jangan sampai golput. "Saya minta agar masyarakat tidak golput, silakan berpartisipasi dan memilih calon pemimpin," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Helmi Jamharis mengatakan, distribusi logistik Pemilu 2019 ditargetkan hari ini selesai di beberapa kecamatan yang sudah menjadi sasaran armada logistik KPU Bantul, untuk kemudian sisanya di 16 April.

"Hari ini ditargetkan bisa sampai ke desa dalam hal ini PPS, namun karena jumlah TPS di masing-masing PPS atau desa berbeda, ada yang sudah selesai, ada juga masih proses distribusi dari kabupaten ke desa," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar