KAI mengoperasikan 11 kereta tambahan antisipasi libur panjang

id KAI,kereta api,kereta tambahan,libur panjang,pemilu 2019

KAI mengoperasikan 11 kereta tambahan antisipasi libur panjang

Kereta api Argo Parahiyangan. (flickr.com)

Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mengoperasikan 11 kereta api tambahan guna mengantisipasi libur panjang akhir pekan pada pekan ini.

"Dari 11 kereta api tambahan yang dioperasikan tersebut, delapan kereta diberangkatkan dari Stasiun Gambir, dan tiga kereta diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen dengan tujuan Bandung, Cirebon, Kutoarjo, Yogyakarta, dan Solo," ujar Kepala Humas (Kahumas) PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa.

Eva menjelaskan bahwa ada 5.512 tempat duduk maksimal per harinya yang ditambahkan untuk melayani para pengguna jasa kereta api.

"Untuk kereta api reguler, per harinya telah disediakan total 34.804 kursi, dari 58 kereta keberangkatan baik dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Ada 32 kereta keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan 15.286 kursi yang disediakan. Sedangkan dari Stasiun Pasar Senen ada 26 kereta dengan 19.518 kursi yang disediakan," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa tingkat keterisian tempat duduk di kedua stasiun pada 15-21 April telah mencapai mencapai 76 persen, di mana pada tanggal 16 sampai dengan 18 April sudah melebihi 90 persen.

"Sementara untuk tanggal 19 April tersisa sekitar 20 persen dari total tempat duduk yang disediakan," tutur Eva.

Jumlah tiket yang terjual tersebut akan terus bertambah sejalan dengan ketersediaan tempat duduk yang masih ada dan pembelian tiket yang masih dapat dilakukan hingga menjelang keberangkatan kereta pada tanggal dan jam yang diinginkan oleh para calon pengguna jasa.

Adapun pembelian tiket melalui loket di stasiun masih dapat dilakukan hingga 30 menit sebelum waktu keberangkatan kereta jika tiket masih tersedia.

PT KAI Daop 1 Jakarta menghimbau untuk memudahkan pembelian tiket yang dapat diakses dimanapun masyarakat dapat melakukan pembelian melalui aplikasi KAI Access, website: kai.id, Call Center 121, serta saluran eksternal resmi lainnya yang telah bekerja sama dengan PT KAI.

Peringatan Wafat Isa Almasih yang jatuh pada hari Jumat (19/4) membuat libur akhir pekan minggu ini menjadi lebih panjang dari biasanya. Hal tersebut dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke luar kota menggunakan moda transportasi, salah satunya kereta api.