Pelaku wisata di Yogyakarta beri diskon khusus Pemilu 2019

id Pemilu, wisata

Pelaku wisata di Yogyakarta beri diskon khusus Pemilu 2019

Suasana salah satu tempat tujuan wisata di Yogyakarta, Malioboro pada hari H Pemilu, Rabu (17/4/2019). (Foto ANTARA/Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mencatat minat pelaku wisata memeriahkan pesta demokrasi Pemilu 2019 cukup tinggi, salah satunya dengan memberikan diskon atau harga khusus pada hari H pemungutan suara untuk warga yang sudah menggunakan hak pilihnya.

“Harga khusus untuk ini bukan semata-mata ditujukan mendorong masyarakat berpartisipasi aktif menggunakan hak pilihnya tetapi juga untuk mengisi hari libur sehingga masyarakat bisa memanfaatkannya untuk bersama-sama bersilaturahmi dengan keluarga,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yetty Martanti di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, langkah sejumlah tempat wisata untuk memberikan diskon atau harga khusus tiket masuk pada hari H pemungutan suara tersebut sangat menguntungkan dari segi pariwisata apalagi akan disambung dengan libur panjang di akhir pekan ini.

“Harapannya, pemilu bukan hanya pesta demokrasi saja tetapi juga ‘pesta’ bagi masyarakat yang ingin menghabiskan masa libur mereka dengan mengunjungi tempat wisata, berwisata kuliner dan kegiatan lainnya,” katanya.

Yetty bahkan memperkirakan, kepadatan wisatawan di Kota Yogyakarta tidak hanya akan terjadi pascapemilu saja tetapi akan berlanjut pada akhir pekan terakhir April.

“Di beberapa hotel bahkan sudah penuh pada akhir pekan ini dan akhir pekan berikutnya. Mungkin karena ada libur panjang akhir pekan dan menjelang puasa. Banyak masyarakat yang ingin menuntaskan kegiatan bisnisnya, berlibur dan bersilaturahmi sebelum puasa,” katanya.

Salah satu tempat wisata yang menawarkan harga khusus pada hari H pemungutan suara adalah GL Zoo. Tempat wisata tersebut menawarkan paket “buy 1 get 1 free ticket” dengan syarat menunjukkan jari yang sudah tercelup tinta pemilu. Penawaran tersebut berlaku kelipatan dengan syarat dan ketentuan berlaku.

“Kami ingin ikut menyukseskan pemilu dan harapannya masyarakat tidak golput karena suara mereka menentukan Indonesia untuk lima tahun ke depan,” kata Kepala Bagian Humas GL Zoo Eros Yan Renanda.

Pada hari H Pemilu, tempat wisata tersebut beroperasi pada pukul 10.00 WIB hingga 17.30 WIB dengan harga tiket masuk Rp35.000 per pengunjung.

Ia berharap, penawaran tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk masyarakat sehingga mereka bisa bertamasya mengunjungi kebun binatang bersama keluarga selepas menggunakan hak pilihnya.

Sementara itu, di sejumlah tempat tujuan wisata seperti di kawasan Malioboro juga tetap ramai oleh wisatawan. Pedagang kaki lima kuliner dan souvenir juga tetap membuka lapaknya.

Kondisi serupa juga terjadi di Pasar Beringharjo. “Pasar tetap buka seperti biasa. Pengunjungnya juga tetap ramai. Usai mencoblos, mereka bisa memanfaatkan waktu libur untuk berwisata belanja ke Beringharjo,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024