Bupati Bantul memantau pelaksanaan ujian nasional SD dan SMP

id Bupati Bantul

Bupati Bantul memantau pelaksanaan ujian nasional SD dan SMP

Bupati Bantul Suharsono saat memantau pelaksanaan Ujian Nasional salah satu sekolah di Kabupaten Bantul, DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul Suharsono memantau pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional tingkat sekolah dasar dan Ujian Nasional Berbasis Komputer tingkat sekolah menengah pertama di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Hari pertama ujian ini saya pantau langsung bersama semua pejabat dengan dibagi tiga kelompok, saya pimpin kelompok satu," kata Bupati di sela memantau pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di salah satu SMP Bantul, Senin.

Menurut dia, tiga kelompok yang memantau pelaksanaan UASN tingkat SD/MI dan UNBK jenjang SMP/MTs tahun 2019 itu, dua kelompok lainnya dipimpin Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan kelompok tiga dipimpin Sekda Bantul Helmi Jamharis.

Pada kesempatan itu, Bupati yang didampingi beberapa pejabat diantara dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul memantau pelaksanaan USBN hari pertama di dua sekolah dan UNBK di dua sekolah.

"Prinsip saya akan lihat langsung kesulitannya, ada hambatan apa untuk kita evaluasi tahun depan, ternyata rata-rata semua berjalan lancar tidak ada hambatan," kata Bupati.

"Dan Alhamdulillah mudah-mudahan sampai hari terakhir ujian nanti tidak ada hambatan, harapan saya semua bisa lulus, nilai sesuai harapan dan memuaskan, sehingga sesuai harapan para guru dan orang tua," katanya.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Bantul Isdarmoko mengatakan, sebanyak 506 sekolah terdiri dari 115 SMP dan MTs dan 391 SD/MI melaksanakan ujian secara serentak. Bagi siswa SMP mengikuti UNBK dan siswa SD mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Menurut dia, berdasarkan data, UNBK SMP/MTs tahun akademik 2019 diikuti sebanyak 115 sekolah dengan jumlah siswa 12.643 peserta. Dari 115 sekolah itu 47 di antaranya adalah SMP negeri dan sisanya sekolah swasta.

Sedangkan terkait USBN SD di Bantul, jumlah peserta ujian secara keseluruhan sebanyak 13.313 siswa yang tersebar di 319 sekolah, terdiri dari 281 sekolah negeri, tiga madrasah negeri dan 80 sekolah swasta serta madrasah swasta 28 sekolah.

"USBN tingkat SD dilaksanakan selama empat hari sampai Kamis (25/4) mendatang. Untuk kemudian dilanjutkan dengan Ujian Sekolah," katanya.