Kunjungan wisata di Gunung Kidul mencapai 58.282 orang saat libur panjang

id Pantai Ngandong,Wisata Gunung Kidul,Libur panjang

Pantai Ngandong Kabupaten Gunung Kidul, DIY. (Dokumentasi/Istimewa)

Gunung Kidul (ANTARA) - Kunjungan wisatawan saat libur panjang pada akhir pekan lalu di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencapai 58.282 orang.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Senin, mengatakan jumlah wisatawan selama libur panjang tersebut melampaui target Dispar.

"Jumlah kunjungan wisatawan ke Gunung Kidul selama libur akhir minggu yang panjang mencapai 58.282 orang dan itu melebihi target kami yakni 24.000 orang," katanya.

Ia mengatakan paling banyak kunjungan wisatawan itu ke destinasi pantai. Tidak bisa dipungkiri objek wisata pantai masih menjadi daya tarik tersendiri para wisatawan untuk datang ke Gunung Kidul.

Hary mengatakan peningkatan jumlah kunjungan tersebut turut berdampak pada pendapatan sektor pariwisata Kabupaten Gunung Kidul. Selama tiga hari kemarin, pendapatan dari sektor wisata mencapai Rp439,7 juta.

"Target pendapatan dari sektor pariwisata tahun ini Rp 28 miliar, dan saat ini sudah mencapai Rp5 miliar, jadi sudah terpenuhi 17,3 persen dari target. Kalau untuk target pengunjung tahun ini 3,7 juta dan sampai hari ini sudah tercapai 691.783 orang, itu yang terdaftar di retribusi," katanya.

Menurutnya, hal tersebut memicu optimisme Dispar Kabupaten Gunung Kidul untuk mencapai target kunjungan dan pendapatan dari sektor wisata tahun ini.

"Kami optimistis target tahun ini bisa tercapai, asal tidak ada cuaca buruk dan kejadian seperti tahun kemarin," ujar Hary.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar