KAI : kereta Bandara Internasional Yogyakarta siap dioperasionalkan

id kereta bandara, Yogyakarta International Airport

KAI : kereta Bandara  Internasional Yogyakarta siap dioperasionalkan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, dan Gubernur DIY Sri Sultan HB X meninjau kesiapan operasional bandara baru, termasuk fasilitas stasiun. (PT KAI Daop 6 Yogyakarta)

Yo (ANTARA) - PT KAI (Persero) menyebut sarana dan prasarana kereta untuk melayani penumpang bandara baru Yogyakarta, yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, sudah siap beroperasi.

“Infrastruktur semuanya sudah siap karena jalur yang digunakan adalah jalur lama. Kereta sudah bisa dioperasionalkan sesuai dengan operasional bandara baru,” kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di sela peninjauan kesiapan operasional Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, Rabu.

Sesuai perencanaan, Edi mengatakan KAI menyiapkan enam jadwal perjalanan kereta bandara dengan rute Stasiun Maguwo menuju Stasiun Wojo.

Untuk saat ini, Stasiun Wojo adalah stasiun terdekat dari bandara yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, termasuk shuttle bus untuk mengantar penumpang menuju bandara.

Jarak antara Stasiun Wojo dengan bandara baru tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 10-15 menit perjalanan menggunakan bus.

Sementara itu, kereta yang disiapkan untuk melayani penumpang menuju bandara baru adalah rangkaian kereta Solo Ekspres ditambah satu rangkaian kereta Solo Ekspres yang memang setiap hari melayani rute Solo-Kutoarjo.

Edi menambahkan, masih ada 37 rangkaian kereta lain yang setiap hari melewati jalur tersebut. “Jika dibutuhkan untuk mendukung angkutan penumpang ke bandara, maka bisa saja dicari kereta mana yang bisa berhenti di stasiun ini,” katanya.

Meskipun demikian, Edi mengatakan, layanan kereta bandara di masa yang akan datang akan terus ditingkatkan guna mempermudah akses ke bandara yaitu membangun jalur kereta ke bandara dari Stasiun Kedundang.

 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024