Bupati Sleman sebut peran wanita di era 4.0 memiliki pengaruh besar

id bupati sleman

Bupati Sleman sebut peran wanita di era 4.0 memiliki pengaruh besar

Bupati Sleman Sri Purnomo menyampaikan bantuan terhadap anak dan keluarga tidak mampu berupa modal usaha bagi kelompok industri rumahan dan serta 20 unit sepeda pada puncak peringatan Hari Kartini 2019 Kabupaten Sleman. (Foto ANTARA/ Humas Sleman)

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo mengatakan peran wanita di era revolusi industri 4.0 dinilai memiliki pengaruh besar dalam pembangunan khususnya Kabupaten Sleman.

"Dari segi kuantitas, saat ini di Kabupaten Sleman kurang lebih 50 persen dari jumlah penduduk Sleman merupakan wanita. Sedangkan dari segi kualitas, wanita tidak kalah bersaing. Hal tersebut dapat dilihat dari eksistensi wanita dalam pembangunan di Kabupaten Sleman," kata Sri Purnomo pada puncak peringatan Hari Kartini 2019 Kabupaten Sleman di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Rabu.
.
Menurut dia, saat ini jumlah aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman sebanyak 8000 lebih, jumlah wanita lebih banyak.

"Seperti beberapa waktu lalu ASN yang mengisi formasi guru dan kesehatan lebih banyak wanita," katanya.

Ia mengatakan, dari kondisi tersebut, dapat diartikan bahwa peran dan posisi perempuan saat ini khususnya di Kabupaten Sleman memiki kesempatan yang sama untuk bersaing dalam berbagai sektor.

"Peringatan Hari Kartini yang mengusung tema 'Perempuan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0, Kritis, Kreatif, dan Tangguh Menuju Ketahanan Keluarga' ini menjadi sangat relevan dengan kondisi yang ada," katanya.

Sri Purnomo berpesan di hadapan tamu undangan yang sebagian besar merupakan anggota Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sleman, agar menjadi wanita yang mampu bersaing dan berpikir kreatif namun juga tetap menjaga kodratnya yang melekat pada wanita yaitu salah satunya sebagai madrasah atau sekolah pertama bagi pendidikan anak dalam mewujudkan generasi terbaik.

Dalam peringatan Hari Kartini tersebut juga Pemerintah Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Baznas Sleman, Bank Sleman, dan PDAM Sleman menyerahkan sejumlah penghargaan dan bantuan terhadap anak dan keluarga tidak mampu berupa modal usaha bagi kelompok industri rumahan dan serta 20 unit sepeda.

Adapun kegiatan ini merupakan puncak dari berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2019 di Kabupaten Sleman. Wakil Ketua GOW Sleman, Endang Setyowati dalam kesempatan tersebut juga memaparkan berbagai kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya.

Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut diantaranya bakti sosial donor darah pada 4 April 2019 yang diikuti oleh lima Organisasi Wanita yang ada di Wilayah Sleman.

Kegiatan lainnya yaitu Ibu Menyapa (Kunjungan ke Panti Asuhan) pada 12 April 2019, temu PUSPA pada 15 April 2019.

Sri Purnomo berharap, melalui peringatan Hari Kartini ke 140 ini dapat menumbuh kembangkan kemampuan perempuan untuk memperjuangkan keadilan dan kesetaraan gender.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024