Forum Ta'aruf Indonesia Bantul akan menggelar "Nikah Bareng Ramadhan"

id Nikah bareng

Pre wedding pasangan calon manten "Nikah Bareng Ramadhan" (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Forum Ta'aruf Indonesia Sewon Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta bersama pihak terkait akan menggelar kegiatan "Nikah Bareng Ramadhan" dalam rangka bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah dan Hari Kebangkitan Nasional 2019.

"Nikah Bareng Ramadhan bertema Rekonsiliasi Cinta Untuk Indonesia dengan tagline Garage Van Love itu akan digelar pada 12 Mei di Garage Java Adv. Geneng Sewon," kata Ketua Forum Ta'aruf Indonesia (Fortais) Sewon Ryan Budi Nuryanto saat konferensi pers di Bantul, Kamis.

Dalam konferensi pers kegiatan tersebut juga dilakukan Pre-wedding yang diikuti dua calon pasang manten yaitu Shea dan Agus, Aulina dan Deni dengan menggunakan busana rancangan salah satu desainer dengan perias Kinasih Jogja.

Menurut dia, nikah bareng itu diadakan karena masih banyak saudara-saudara yang hidup di bawah garis kemiskinan dan sulit untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, apalagi ini akan memasuki bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah.

"Bulan Ramadhan ini adalah bulan penuh berkah tapi masih berkembang budaya di sebagian masyarakat kita yang melarang untuk menikah di bulan itu, padahal di Islam tidak ada larangan, justru banyak sekali keberkahan yang terkandung di dalamnya," katanya.

Ryan mengatakan, sampai saat ini masih banyak yang belum sadar akan betapa pentingnya suatu ikatan pernikahan, padahal pernikahan adalah suatu janji suci dan sakral kepada Allah SWT dan sah yang dicatatkan di KUA yang akan memberikan ketenangan hidup dan jiwa.

"Dengan pernikahan tersebut diharapkan dapat tertanam rasa kebangsaan untuk cinta terhadap NKRI sekaligus penanaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," kata Ryan.

Dengan demikian, kata dia, golek garwo dan nikah bareng itundiharapkan mampu membawa energi positif mengajak masyarakat bersatu dalam semangat Rekonsiliasi Cinta Untuk Indonesia pascapemilu melalui ikatan pernikahan sekaligus syiar Ramadhan.

"Tentunya hal tersebut menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai anak bangsa yang mencintai bulan Ramadhan dan tanah air kita Indonesia sampai akhir hayat," katanya.

Menurutnya, Nikah Bareng ini terbuka umum dan gratis. Saat ini sudah tiga pasangan calon manten yang telah mendaftar di KUA Sewon Bantul dan masih dibuka sampai 8 Mei 2019 dengan membawa persyaratan nikah dan membawa rekomendasi numpang nikah ke KUA Sewon.

Dia mengatakan, peserta nikah bareng mendapat fasilitas gratis yaitu biaya nikah, mahar alat sholat, cincin kawin, ijab unik, pesta kerakyatan, bingkisan manten, busana dan tata rias manten, dokumentasi dan bulan madu.

"Konsep yang kita usung kali ini eksklusif dan pertama di dunia yaitu garage van love (garasi cinta) yang mempunyai filosofi tempat untuk menyimpan cinta yaitu Indonesia, dimana perbedaan yang ada ini sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar