DKP Kulon Progo gencarkan "restocking" ikan di embung

id Restocking ikan

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo Sudarna bersama jajaran DKP melakukan restocking dengan menebar benih ikan nila 10 ribu ekor di Embung Krapak, Kalibawang. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggiatkan restocking ikan di embung, sungai, dan waduk, dalam rangka melestarikan sumber daya perikanan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo Sudarna di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan DKP melakukan restocking dengan menebar benih ikan nila 10.000 ekor di Embung Krapak, Kalibawang.

"Pada 2017 kami juga menebar benih ikan nilai sekitar 20.000 ekor di Embung Krapyak. Tunjuannya melestarikan sumber daya perikanan," kata Sudarna.

Ia mengatakan restocking di Embung Krapyak pada 2017 cukup berhasil. Pada gilirannya ikan-ikan yang sudah besar-besar bisa dipanen dengan alat dan cara yang ramah lingkungan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat.

"Kami berharap konsumsi ikan di masyarakat meningkat, seiring hasil tangkapan ikan melimpah," harapnya.

Sudarna mengatakan pada 2019 ini DKP Kulon Progo menargetkan produksi ikan tangkap sebanyak 2.673 ton. Namun, berdasarkan hasil capaian setiap tahunnya, target perikanan tangkap tidak pernah terealisasi karena banyak faktor, di antaranya cuaca buruk.

Menurut dia, potensi ikan tangkap di sepanjang pantai selatan di Kulon Progo yang banyak, kalau hanya untuk mencapai target sebanyak 2.673 ton sangat kecil. Dengan catatan, Pelabuhan Tanjung Adikarto sudah berfungsi. Satu kapal ukuran 30 Gross Ton (GT) menurunkan hasil tangkapan bisa mencapai puluhan ton.

"Persoalannya potensi sumber daya alam dari laut tidak bisa masuk ke Kulon Progo dan didaratkan di wilayah lain, maka mustahil kita dapat mencapai target produksi perikanan tangkap," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pengelolaan Pelelangan Ikan DKP Kulon Progo Sugiharto mengatakan sejak Januari hingga saat ini DKP sudah menyebar benih 111.200 ekor untuk restocking.

Adapun lokasi penebaran benih ikan restocking di Kemesu (Samigaluh), Kali Kedungromo purwosari (Girimulyo), Kali Anjir (Kokap), Waduk Sermo (Kokap), sungai di Kaliagung, Kali Serang (Pengasih).

"Tujuan dari restocking ini adalah untuk memperkaya sumberdaya ikan di perairan umum wilayah Kabupaten Kulon Progo," katanya.
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar