Hoaks, informasi ucapan selamat Sekjen PBB kepada salah satu paslon Pilpres 2019

id Hoaks pbb

Aktivis yang tergabung dalam Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) membentangkan poster yang berisi penolakan penyebaran berita bohong (hoax) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (22/1/2017). (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma) (.)

Jakarta (ANTARA) - Sebuah unggahan yang beredar di sebuah situs komunitas memberikan informasi tentang Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Pedro Coelho pada Minggu (21/4) yang memberikan ucapan selamat bagi salah satu paslon dalam Pilpres 2019 ditambahkan dengan kata-kata "ucapan selamat yang hangat", melalui juru bicaranya.

Informasi itu seakan-akan merupakan berita yang dibuat oleh Kantor Berita ANTARA yang mengutip berita dari Kantor Berita Xinhua yang memberitakan tersebut dari New York.

Direktur Utama LKBN Antara, Meidyatama Suryodiningrat menyatakan dengan tegas bahwa berita tersebut tidak benar. LKBN Antara tidak pernah membuat ataupun memuat berita tersebut.

Kantor Berita ANTARA tidak pernah membuat berita dengan judul " Sekjen PBB Ucapkan Selamat pada Prabowo Atas terpilihnya Menjadi Presiden RI". Dari catatan berita yang ditelusuri di sistem milik ANTARA, tidak ada berita dengan isi dan judul tersebut.

Selain itu Pedro Coelho bukanlah Sekretaris Jenderal PBB. Saat ini Sekretaris Jenderal PBB dijabat oleh Antonio Guterres yang diangkat sejak 1 Januari 2017.

Selain itu pemilu dan pilpres 2019 hingga saat ini masih dalam tahap penghitungan suara manual yang dilakukan secara berjenjang dari TPS hingga ke tingkat KPU Pusat.
 
Tangkapan layar klarifikasi hoaks tim subdit pengendalian konten internet Kementerian Komunikasi dan Informatika. (.)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar