Stok bahan kebutuhan pokok di Sleman mencukupi menjelang Ramadhan

id Pedagang pasar

Stok bahan  kebutuhan pokok di Sleman mencukupi menjelang Ramadhan

Arsip - Pedagang pasar tradisional di Sleman. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (ANTARA) - Persediaan bahan kebutuhan pokok di tingkat pedagang di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,menjelang  Ramadhan 2019 masih mencukupi dan harga sejumlah komoditas cenderung stabil.

"Dalam pemantauan yang dilakukan beberapa waktu lalu di Pasar Prambanan, Sleman stok kebutuhan pokok masih mencukupi dan harga juga cenderung stabil," kata Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman Shavitri Nurmala Dewi di Sleman, Selasa.

Menurut dia, pemantauan ketersediaan dan harga kebutuhan pokok tersebut dilakukan langsung Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun diikuti Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman Tri Endah Yitnani serta Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (DPPP) Sleman, Heru Saptono dan Kepala Bagian Perekonomian Sleman, Emmy Retnosasi.

"Pemantauan tersebut merupakan agenda rutin menjelang puasa, kemudian nanti dilakukan kembali saat bulan puasa," katanya.

Ia mengatakan, tujuan dilakukan pemantauan tersebut yaitu untuk mengetahui ada kenaikan harga atau tidak pada komoditas pokok di Pasar Prambanan.

"Dalam pemantauan tersebut diketahui terdapat penurunan harga beras dikarenakan saat ini merupakan musim panen raya," katanya

Menurut dia, untuk komoditas lain seperti bawang merah dan bawang putih mengalami kenaikan harga karena saat ini sedang langka dan tidak masuk musim panen bawang.

Kemudian harga daging ayam, telur naik sedikit tidak sampai satu persen, minyak goreng hampir tidak mengalami kenaikan.

"Untuk terigu, ada merk-merk tertentu yang mengalami kenaikan harga tetapi juga ada yang stabil," katanya.

Sementara itu  harga daging sapi relatif stabil, ayam kampung, mengalami penurunan harga.

"Kenaikan harga pada ayam kampung biasanya terjadi menjelang lebaran," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024