Kelompok ternak Bantul mendapat bantuan bibit ayam kampung

id Pembibitan ayam

Kelompok ternak Bantul mendapat bantuan bibit ayam kampung

Bupati Bantul Suharsono secara simbolis menyerahkan bantuan 500 DOC ayam atau ayam berusia kurang 10 hari untuk program pembibitan ayam kampung unggul bagi peternak Bantul (Istimewa)

Bantul (ANTARA) - Kelompok Ternak 'Waris' Dusun Kauman, Desa Gilangharjo Pandak, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperoleh bantuan program pembibitan ayam kampung unggul sebanyak 500 ekor "day old chicken" (DOC).

Penyerahan ratusan ekor DOC tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Bantul Suharsono kepada pengurus kelompok ternak yang didampingi Kepala Dinas Pertanian, Pangan Kelautan, dan Perikanan Bantul Pulung Haryadi di Bantul, Selasa.

"Kegiatan desiminasi pembibitan ayam kampung unggul dan pengembangan skala rumah tangga ini dalam rangka mendukung program Bekerja Kementerian Pertanian (Kementan) 2019," kata Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) DIY Joko Pramono di sela-sela penyerahan.

Menurut dia, lembaganya sudah dua tahun ini melaksanakan program 'Bekerja' atau 'Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera' dengan bantuan ayam kampung unggul yang telah terseleksi dan hasil penelitian dari Badan Litbang Pertanian BPTP DIY.

Dia mengatakan, ayam tersebut memiliki keunggulan antara lain, pertumbuhanya cepat, lebih tahan terhadap penyakit kemudian juga berproduksi telur per tahubnya bisa mencapai 180 butir per ekor.

"Tahun ini kita alokasikan program kami di Bantul totalnya sekitar 2.000 ekor, bantuan ini tidak kami lepas begitu saja, tetapi kami beri fasilitas seperti bantuan kandang serta pakan bahkan kita dampingi sampai produksinya," katanya.

Sementara itu, Bupati Bantul Suharsono menyambut baik upaya BPTP DIY atas adanya program pemberian bantuan pengembangan budi daya ayam bagi salah satu kelompok ternak di Bantul.

"Semoga program ini akan semakin luas jangkauannya sehingga akan mendorong terwujudnya kesejahteraan bagi masyarakat di Kabupaten Bantul," katanya.

Bupati menjelaskan, pengembangan ayam merupakan prospek usaha yang menjanjikan, karena itu bantuan ini dapat dimanfaatkan kelompok sebaik mungkin, sehingga usaha dapat maju dan berkembang agar menjadi peternak yang tangguh serta dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

"Kepada para peternak dan kelompok agar dapat fokus pada orientasi pasar dengan salah satu caranya yakni mempunyai dan membangun kelompok ternak yang kokoh sehingga akan mampu memperkuat usaha budi daya ayam kampung unggul," katanya.

Bupati Bantul juga berpesan agar selalu memanfaatkan bahan baku yang tersedia di lingkungan sekitar untuk diolah menjadi pakan agar dapat mengurangi biaya produksi, sehingga hasil keuntungan yang didapat akan lebih besar.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024