Pasar murah Lebaran Sleman dikonsep lebih dekat masyarakat

id Kadinas koperasi ukm,pasar murah lebaran

Pasar murah Lebaran Sleman dikonsep lebih dekat masyarakat

Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman Pustopo. (Foto Antara/Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (ANTARA) - Pelaksanaan Pasar Murah Lebaran 2019 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 14 hingga 19 Mei di Lapangan Pemda Sleman dikonsep untuk bisa lebih dekat dengan masyarakat luas sehingga diharapkan bisa menjangkau semua lapisan.

"Ada masukan dari penyelenggaraan pasar Lebaran pada tahun-tahun sebelumnya, di mana event tersebut hanya didominasi pengunjung dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) karena selalu diselenggarakan di halaman Kantor Disperindag dan Koperasi. Maka tahun ini sengaja digelar di Lapangan Pemda agar lebih dekat dengan masyarakat," kata Kepala DInas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman Pustopo di Sleman, Rabu.

"Pada tahun ini kami mencoba menjawab pertanyaan bahwa pasar Lebaran tidak identik dengan ASN. Pasar Lebaran untuk masyarakat umum, sehingga agar masyarakat tidak sungkan penyelenggaraan kami pindahkan ke Lapangan Pemda," katanya.

Ia mengatakan, nantinya pasar Lebaran ini akan digelar di sisi utara dan selatan Lapangan Pemda Sleman dengan didirikan tenda-tenda untuk stan penjualan.

"Dengan pindahnya lokasi pasar Lebaran ini maka masyarakat bisa lebih leluasa untuk datang dan berbelanja kebutuhan Lebaran," katanya.

Pustopo mengatakan, untuk lebih menyemarakkan pasar Lebaran tersebut maka untuk jam buka juga sampai sore menjelang buka puasa.

"Jadi masyarakat juga bisa ngabuburit menunggu buka puasa sambil berbelanja. Masyarakat juga bisa membeli aneka olahan kuliner ada di stan pasar Lebaran untuk berbuka puasa. Kami akan menyediakan tempat yang nyaman dan strategis untuk bersantai ngabuburit dan berbuka puasa," katanya.

Ia mengatakan, guna mendukung kemeriahan pasar Lebaran pihaknya juga menggelar berbagai acara pendukung mulai dari lomba mewarnai untuk anak-anak, lomba menari, lomba menyanyi, fashion show, pentas musik dan kegiatan menarik lainnya.
Baca juga: Dishub Sleman mengimbau pasar tiban Ramadhan tidak gunakan badan jalan

Sekretaris Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti mengatakan bahwa dalam pasar Lebaran tersebut para pengunjung diharapkan untuk membawa tas atau kantong belanja sendiri dari rumah.

"Karena dalam pasar Lebaran ini kami tidak menyediakan kantong plastik. Ini sebagai upaya kami untuk mendukung pengurangan sampah plastik. Jadi kami harapkan masyarakat untuk membawa tas atau kantong belanja dari rumah," katanya.
     Baca juga: Pemkab: OP bawang putih dipusatkan di Pasar Beringharjo Yogyakarta
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024