Disperindag Gunung Kidul memasang internet gratis di pasar rakyat

id Internet gratis

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunung Kidul Johan Eko Sudarto (kanan). (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan memasang internet gratis di sejumlah pasar rakyat supaya semakin ramai pembeli yang ke pasar.

Kepala Disperindah  Gunung Kidul Johan Eko Sudarto di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan pada 2019 ini rencananya ada delapan pasar induk tradisional yang akan menjadi proyek percontohan bekerja sama dengan Diskominfo Gunung Kidul.

"Kami mengusulkan pada APBD Perubahan 2019 pemasangan internet gratis di Pasar Argosari, Pasar Semin, Pasar Umun Semanu, Pasar Ngawu Playen, Pasar Trowono, Pasar Baran, Pasar Nglipar, dan Pasar Karangijo Ponjong," kata Johan.

Ia mengatakan nanti di pasar tradisional itu dilengkapi fasilitas umum berupa hotspot atau wifi. Selain itu juga dilengkapi fasilitas lainnya seperti gerai makanan. Selain internet gratis, pusat keramaian dan ekonomi tersebut akan dipasang kamera pengintai.

Menurut Johan, ide pemasangan internet gratis itu merespon perkembangan teknologi. Sebagai pusat pereknomian, lanjut dia, hendaknya pasar didukung dengan sarana dan prasarana memadai. Hanya memang ide tersebut, kata dia, masih terus digodok.

"Saat ini, pasar rakyat di Gunung Kidul sudah menerapkan konsep pasar sehat bernuansa bersih, nyaman, dan merespon teknologi sedang gencar dikembangkan, sehingga kami lengkapi dengan internet supaya masyarakat tertarik ke pasar, meski hanya menggunakan internet gratis," katanya.

Ia berharap fasilitas di tempat umum ini bisa dimanfaatkan masyarakat luas, baik pedagang, pembeli, atau bisa digunakan wartawan untuk mengirim berita. Adanya pasar bersih dan nyaman keberadaan gerai makanan bisa untuk santai makan-makan sekaligus internet gratis.

"Saat ini gerai makanan sedang dikembangkan di Pasar Argosari Wonosari pada lantai dua yang dalam proses pembangunan,” katanya.
       Baca juga: Pengiriman paket Ramadhan-Idul Fitri diperkirakan naik 30 persen

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar