Dishub akan lakukan pengecekan kelaikan kendaraan jelang Lebaran

id Dishub Bantul

Dishub akan lakukan pengecekan kelaikan kendaraan jelang Lebaran

Kantor Dinas Perhubungan Bantul (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyelenggarakan pengecekan kelaikan atau ram check kendaraan menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah guna memastikan kesiapan angkutan Lebaran.

"Untuk kesiapan angkutan Lebaran ini, kita akan selenggarakan ram check kendaraan, kegiatan ini kita lakukan H-7 atau seminggu sebelum Lebaran," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Bantul Agus Jaka Sunarya di Bantul, Senin.

Kegiatan ram check atau pemeriksaan kendaraan terutama angkutan penumpang menjelang angkutan mudik Lebaran akan diselenggarakan di beberapa titik wilayah Bantul yang selama ini menjadi jalur angkutan itu.

Sasaran ram check kendaraan tersebut akan difokuskan terhadap kelayakan kendaraan dan komponen penting di kendaraan lainnya, sebab hal itu merupakan faktor utama dalam keselamatan pemudik maupun penumpang.

"Kalau (detail) ram check kendaraan itu kewenangan Bidang Angkutan, cuma rencananya ram check kendaraan itu nanti di 'pool' bus, dan kemudian akan dilaksanakan di objek wisata berkaitan dengan jip wisata," katanya.

Adapun kegiatan ram check meliputi pengecekan ban, rem, spedometer serta kelengkapan surat-surat kendaraan seperti STNK (surat tanda nomor kendaraan), uji kendaraan (KIR), termasuk kondisi kesehatan sopir.

Agus Jaka mengatakan, dalam penyelenggaraan ram check kendaraan itu, Dishub Bantul akan menggandeng Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bantul guna mengetahui kondisi apakah sopir ada pengaruh obat atau minuman keras.

"Ram check kendaraan kebetulan nanti kita akan menggandeng BNK Bantul, untuk melakukan tes urine dan sebagainya, itu untuk pembuktian kalau kemungkinan ada alkoholnya kita haruskan untuk tidak menyupir kendaraan," katanya.
Baca juga: Seluruh kapal patroli Kemenhub siaga selama Lebaran
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar