Bazaar 4.000 liter minyak goreng murah bantu penuhi kebutuhan puasa

id bazaar Ramadhan, minyak goreng, murah

Bazaar 4.000 liter minyak goreng murah bantu penuhi kebutuhan puasa

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat melayani pembelian minyak goreng dengan harga murah dalam rangka bazaar Ramadhan (Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Salah satu bank swasta di Yogyakarta menggelar bazaar Ramadhan yang menjual 4.000 liter minyak goreng kemasan dengan harga jauh lebih murah untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan bahan pokok selama puasa Ramadhan bahkan Lebaran 2019.

“Perlu ditegaskan bahwa kegiatan ini bukan pembagian minyak goreng gratis, tetapi masyarakat membeli dengan harga diskon. Harganya jauh lebih murah dibanding di pasar,” kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di sela bazaar yang digelar di kompleks Balai Kota Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, kegiatan tersebut akan sangat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama bulan puasa atau hingga Lebaran, apalagi harga yang ditawarkan jauh lebih murah.

“Kebutuhan minyak goreng selama bulan puasa diperkirakan mengalami kenaikan. Tentunya, jika komoditas ini dijual dengan harga lebih murah, maka akan sangat membantu masyarakat,” katanya.

Masyarakat dapat membeli satu paket minyak goreng yang terdiri dari dua kemasan minyak goreng satu liter dengan harga Rp16.000. Di pasar tradisional, harga minyak goreng kemasan satu liter berkisar antara Rp11.000 hingga Rp12.000.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, kegiatan bazaar tersebut diharapkan mampu mendukung upaya pemerintah untuk menjaga kestabilan harga bahan kebutuhan pokok selama Ramadhan.

“Selain berbagi dan membantu sesama selama Ramadhan, kegiatan ini bisa mendukung upaya stabilisasi harga bahan kebutuhan pokok,” katanya.

Ia pun berharap, Bank Sinar Mas yang menyelenggarakan kegiatan tersebut bisa aktif dalam Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan di Kota Yogyakarta bersama perusahaan-perusahaan lain untuk membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami pun punya program Gandeng-Gendong yang bertujuan mengentaskan kemiskinan. Pemerintah bersinergi dengan berbagai pihak termasuk korporasi untuk mengintegrasikan berbagai program dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Selain menyediakan 4.000 liter minyak goreng yang bisa dibeli dengan harga murah, perusahaan tersebut juga memberikan bantuan berupa Al-quran dan buku untuk Dewan Masjid Indonesia Kota Yogyakarta serta Perpustakaan Kota Yogyakarta.

“Sejak 2005, kami rutin menggelar bakti sosial menjual minyak goreng dengan harga murah. Sampai saat ini, totalnya sudah ada 30 juta liter minyak goreng yang didistribusikan untuk kegiatan seperti ini,” kata Managing Director Sinar Mas Saleh Husin.

Sedangkan bantuan Al Quran, sudah dilakukan sejak 2008 dan sampai saat ini sudah dibagikan sebanyak satu juta mushaf. “Untuk tahun ini, akan didistribusikan 150.000 mushaf Al Quran ke berbagai wilayah. Dari data Kemenag, masih ada kekurangan dua juta mushaf Al Quran, padahal Kemenag hanya mampu memproduksi sekitar 400.000 setahun,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, perlu ada bantuan agar kebutuhan Al Quran di masyarakat terpenuhi. Al Quran yang didistribusikan dipastikan memiliki kualitas kertas yang baik sehingga lebih awet.
Baca juga: Disperindag Yogyakarta kembali gelar operasi pasar bawang putih

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar