Dishub Bantul: seluruh sarana lalu lintas terpasang pertengahan Mei

id Dishub Bantul,sarana lalu-lintas

Kantor Dinas Perhubungan Bantul, DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan seluruh sarana prasarana lalu lintas jalan menghadapi arus mudik Idul Fitri 1440 Hijriah di daerah ini sudah terpasang pada pertengahan Mei 2019.

"Dalam rangka persiapan mudik Lebaran di Dinas Perhubungan (Dishub) mempunyai strategi dengan pemenuhan sarana prasarana keselamatan lalu lintas, semua rambu kami targetkan pertengahan Mei ini harus sudah terpasang," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Bantul Agus Jaka Sunarya di Bantul, Selasa.

Menurut dia, sarana prasarana jalan dalam mendukung keselamatan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran 2019 itu di antaranya rambu petunjuk penegas jurusan (RPPJ), rambu-rambu portabel maupun marka jalan dan rambu penting lainnya.

"Termasuk kondisi APILL (alat pemberi isyarat lalu lintas) dari sebanyak 14 titik APILL di Bantul kami mohonkan untuk berfungsi dengan baik dan kondisi 'ready'," katanya.

Menurut dia, pemenuhan sarana prasarana lalu lintas jalan itu untuk mendukung kelancaran arus kendaraan, selain itu mempermudah dalam melakukan rekayasa lalu lintas apabila terjadi kepadatan arus di ruas jalan tertentu.

"Kemudian H-7 kami baru melakukan rekayasa lalu lintas, akan kami gunakan sampai H+7, tidak menutup kemungkinan diperpanjang kami siap, kami juga akan mencari jalur alternatif bila dimungkinkan," katanya.

Agus Jaka mengatakan terkait dengan persiapan itu, saat ini personel perhubungan baru mengecek di lapangan untuk menguatkan, dan juga melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul.

"Kami akan mengadakan koordinasi keterkaitan dengan pemantapan sarana prasarana keselamatan lalu lintas diantaranya kondisi jalan, kondisi jembatan maupun ancaman dari bencana di daerah-daerah pegunungan," katanya.

"Seperti di wilayah pegunungan Dlingo itu kira-kira kondisi rawan longsor atau tidak, nanti yang tahu dari BPBD dan kita segera koordinasi, kemudian dengan polres dan Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) kami akan terus berkoordinasi," katanya.
Baca juga: Dishub Yogyakarta memastikan uji kelaikan bus Lebaran tetap digelar
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar