Sleman adakan pelatihan kewirausahaan bagi pemuda

id Pelatihan kewirausahaan pemuda,Sleman

Dispora Kabupaten Sleman menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan bagi para pemuda Sleman. (Foto Antara/Humas Sleman)

Sleman (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan bagi pemuda setempat di Gedung Graha Pramuka Gawar, Pendowoharjo, Sleman, 14 - 28 Mei 2019.

"Pelatihan ini untuk menumbuhkan kemandirian para generasi muda. Pelatihan ini tidak hanya untuk sekadar latihan, tapi akan sampai ke pemasaran dan hubungan dengan internasional," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman Agung Harmawanta seusai pembukaan pelatihan di Sleman, Selasa.

Menurut dia, peserta pelatihan terdiri dari 40 orang yang berasal dari organisasi kepemudaan dan organisasi umum, karang taruna, pemuda kampung, dan pelajar SMK di Kabupaten Sleman.

"Pelatihan kewirausahaan kali ini memilih materi tentang kerajinan batik. Pelatihan tersebut untuk mewujudkan bibit-bibit unggul dalam berwirausaha di kabupaten Sleman dalam hal ini kerajinan batik," katanya.

Agung mengatakan dalam proses pelatihan ini peserta dibagi menjadi empat kelompok yang masing-masing terdiri dari 10 orang.

"Materi yang diajarkan oleh narasumber adalah pengenalan batik, menggambar pola, menggambar desain motif batik, memola desain di kain, membatik, pewarnaan, dan menghitung harga pokok penjualan (hpp)," katanya.

Agung Harwawanta berharap hasil yang dicapai dalam pelatihan ini adalah para peserta yang sukses menjadi pengusaha. Kalaupun ada peserta yang gagal, diharapkan tidak putus asa dan dapat membangun jaringan.
Baca juga: Bupati meminta masyarakat prioritaskan produk UMKM Sleman
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar