Polres Kulon Progo menggerakan Bhabinkantibmas melakakukan safari tarawih

id Polres Kulon Progo,Bhabinkantibmas,ramadhan 1440 H,jelang ramadhan,sambut ramadhan,tradisi ramadhan,bulan puasa,puasa ra

Wakapolres Kulon Progo Kompol Dedy Surya Dharma (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggerakan bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat atau Bhabinkantibmas melakukan safari tarawih dan safari tubuh ke masjid-masjid untuk menjaga keamanan dan ketertiban supaya masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan nyaman dan aman.

"Selama Ramadhan ini, kami mengintruksikan Bhabinkantibmas melakukan safari subuh dan tarawih di kampung masing-masing untuk memberikan masukan keamanan dan ketertiban, serta menjaga kerukunan beragama dan menghormati penganut agama lain," kata Wakapolres Kulon Progo Dedy Surya Dharma di Kulon Progo, Rabu.

Ia mengatakan sosiasisasi keamanan dan ketertiban selalu dilakukan Bhabinkantibmas dalam menjalankan tugasnya. Pesan moral dan soal ini sangat penting, supaya masyarakat hidup berdampingan secara damai dan saling menghormati perbedaan.

"Perbedaan padangan hal biasa, tapi harus menjaga persaudaraan dan menjaga persatuan dan kesatuan," ucapnya.

Kemudian, Polwan Polres Kulon Progo setiap sore melakukan patroli di Alun-alun Wates yang menjadi pusat keramaian menjelang buka puasa. Tujuan patroli ini untuk mengantisipasi kasus pencopetan dan menjaga keamanan.

Dedy juga mengatakan Polres Kulon Progo juga melakukan patroli setiap malam dengan sasaran tempat hiburan malam. Kalau ada tempat hiburan karaoke yang buka, langsung diminta ditutup supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti penutupan paksa oleh kelompok garis keras.

"Sejauh ini, kondisi Kulon Progo sangat aman dan tidak ada tindakan main hakim sendiri. Kami sudah melakukan tindakan preventif supaya tidak ada tindakan main hakim selama Ramadhan," ujarnya.

Terkait persiapan Polres Kulon Progo menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pengumuman calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam Pemilu 2019, Dedy mengatakan pihaknya sudah melakukan pendekatan kepada partai politik pendukung, dan tim sukses pendukung masing-masing calon untuk mengutamakan keamanan dan ketertiban. Sejauh ini, tidak ada konflik antarpendukung calon presiden dan wakil presiden.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar