Empoli tinggalkan zona degradasi Liga Italia

id empoli,torino,liga italia

Empoli tinggalkan zona degradasi Liga Italia

Gelandang Empoli Giovanni Di Lorenzo merayakan golnya ke gawang Torino dalam laga lanjutan Liga Italia di Stadion Carlo Castellani, Empoli, Italia, Minggu (19/5/2019). (twitter.com/EmpoliCalcio)

Jakarta (ANTARA) - Empoli berhasil meninggalkan zona degradasi klasemen Liga Italia seusai mengalahkan Torino 4-1 dalam laga pekan ke-37 di Stadion Carlo Castellani, Empoli, Italia, Minggu, sembari mengancam asa lawannya itu melangkah ke kompetisi antarklub Eropa.

Tambahan tiga poin mengangkat posisi Empoli naik ke peringkat ke-17 dengan koleksi 38 poin memanfaatkan hasil imbang yang dialami Genoa (37) sehari sebelumnya, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Meski demikian, Empoli mungkin akan memiliki tantangan lebih berat untuk menghindari degradasi dibandingkan Genoa di laga pamungkas, pekan depan.

Pasalnya, Empoli akan menghadapi Inter Milan (66) yang masih berjuang memastikan satu tempat di Liga Champions, sedangkan Genoa "hanya" menghadapi Fiorentina yang sejak ditangani Vincenzo Montella tak kunjung memetik kemenangan.

Sementara bagi Torino (60) kekalahan kali ini membuat mereka tertahan di urutan ketujuh klasemen dan jarak dua poin dari zona Liga Europa bisa bertambah menjadi tiga poin jika AC Milan (62) memenangi laga pekan ke-37 mereka.

Empat gol Empoli yang dicetak oleh Acquah Afriyie, Matteo Brighi, Giovanni Di Lorenzo dan Francesco Caputo bertanggung jawab atas terkikisnya asa Torino, yang cuma bisa membalas lewat gol tunggal Iago Falque.

Tuan rumah membuka keunggulan ketika umpan silang Marko Pajac berhasil diselesaikan dengan baik oleh Afriyie pada menit ke-27.

Torino berusaha mencetak gol penyama kedudukan namun peluang-peluang mereka selalu gagal, termasuk bola sundulan Andrea Belotti dalam situasi sepak pojok pada menit ke-42 ditolak oleh tiang gawang.

Kerja keras Torino akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-56 ketika Falque menyelesaikan umpan kiriman Belotti demi menyamakan kedudukan 1-1.

Namun Empoli kembali memimpin lewat sontekan jarak dekat Brighi pada menit ke-65 yang kemudian disusul gol Di Lorenzo lima menit berselang demi membuat tuan rumah unggul 3-1.

Sementara peluang-peluang Torino terus berhasil dimentahkan barisan pertahanan Empoli, tuan rumah malah melancarkan serangan cepat yang sukses memperdaya tamunya dan Caputo melengkapi kemenangan Empoli menjadi 4-1 pada menit ke-88.

Baca juga: Roma terancam harus sudahi ambisi ke Liga Champions

Baca juga: Udinese jauhi ancaman degradasi

Susunan pemain:

Empoli (3-1-4-2): Bartlomiej Dragowski; Domenico Maietta (Frederic Veseli), Matias Silvestre, Cristian Dell'Orco; Ismael Bennacer; Giovanni Di Lorenzo, Acquah Afriyie (Matteo Brighi), Hamed Traore (Leonardo Capezzi), Marko Pajac; Diego Faras, Francesco Caputo
Pelatih: Aurelio Andreazolli

Torino (3-4-2-1): Salvatore Sirigu; Armando Izzo, Nicolas N'Koulou, Emiliano Moretti; Lorenzo De Silvestri, Tomas Rinco, Soualiho Meite (Simone Zaza), Ola Aina (Iago Falque); Daniele Baselli (Sasa Lukic), Alex Berenguer; Andrea Belotti
Pelatih: Walter Mazzarri
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024