Dispar Bantul sediakan peta lokasi wisata via website

id Dispar Bantul,peta wisata bantul

Kantor Dinas Pariwisata Bantul (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyiapkan peta lokasi-lokasi objek wisata melalui website sebagai panduan wisatawan yang berkunjung ke daerah ini pada libur Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Saya kira kalau peta titik-titik lokasi wisata, kita Insya Allah ada di sosial media.  Sudah sampaikan juga di web jelajah wisata Bantul," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, DIY, Senin.

Untuk itu, menurut dia, wisatawan dari luar daerah atau pemudik Lebaran 2019 yang akan berkunjung ke objek wisata Bantul bisa mengakses laman tersebut, untuk kemudian mengikuti rute yang ada dalam peta wisata.

"Kalau yang bersangkutan (wisawatan) juga mau membuka peta melalui google maps juga baik, tetapi di jelajah wisata Bantul juga tersedia titik-titik objek wisata kita," katanya.

Bahkan, dia menjelaskan, dalam menghadapi libur Lebaran 2019 ini, melalui web pihaknya akan berupaya menyajikan informasi mengenai kondisi kepadatan arus lalu lintas, termasuk jalur alternatif menuju objek wisata.

"Yang perlu diupload itu, kami kerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub), manakala jalur-jalur itu macet dan jalur alternatifnya, karena itu menjadi penting, dan ini akan kita sampaikan dalam rakor nanti," katanya.

Selain itu, kata dia, juga disajikan informasi mengenai pengalihan arus lalu lintas di jalur-jalur mudik atau jalur wisata akibat kemacetan atau penumpukan arus kendaraan, agar pengendara bisa melalui jalur alternatif yang lancar.

"Insya Allah sebelum Lebaran sudah bisa dilihat di web Bantul atau perhubungan, bisa juga di pariwisata, agar wisatawan khususnya dari luar Bantul atau DIY ketika terjadi penumpukan arus, bisa ambil jalur alternatif yang direkomendasikan," katanya.

Dia juga mengatakan, untuk di jalur wisata Pantai Parangtritis apabila memungkinkan diberlakukan rekayasa lalu lintas di setiap persimpangan alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) oleh petugas guna memperlancar arus wisatawan saat libur Lebaran.
Baca juga: Wisata pantai dan pegunungan Bantul ramai dikunjungi pemudik
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar