Dispar Kulon Progo menyiapkan objek wisata jelang libur lebaran

id pantai glagah

Wisatawan mengamati gelombang tinggi di Pantai Glagah, Kulon Progo, DI Yogyakarta, ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/wsj.

Kulon Progo (ANTARA) -
 

Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mempersiapkan seluruh objek wisata yang ada di wilayah ini supaya menarik untuk menyambut wisatawan saat libur Lebaran 2019 mulai dari wisata pantai hingga wisata yang dikelola oleh masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Niken Probo Laras di Kulon Progo, Selasa, mengatakan sejauh ini, objek wisata yang sudah siap menyambut wisatawan saat libur Lebaran, yakn Pantai Trisik dan Pantai Glagah, begitu juga objek wisata yang ada diperbukitan Menoreh dan dikelola masyarakat seperti Kedung Pedut, dan Sungai Tuk Mudal.

"Kami akui infrastruktur jalan menuju objek wisata yang ada di Kulon Progo belum mendukung karena rusak dan jalan masih sempit. Kami mengimbau kepada wisatawan untuk berhati-hati saat berkendara menuju objek wisata. Kami akan berkoordinasi dengan Dishub dan pengelola wisata ikut membantu mengatur lalu lintas di objek wisata," kata Niken.

Ia mengatakan Dispar Kulon Progo juga menyiapkan beberapa atraksi hiburan di objek wisata untuk menyambut wisatawan saat lebaran nanti, seperti campur sari dan dangdut. Rencananya, hiburan dilaksanakan di Pantai Trisik dan Nglinggo.

"Sampai saat ini baru dua objek wisata yang mengajukan permohonan pelaksanana hiburan. Kami sengaja meminta agenda pelaksanaan yang membuat mereka karena yang mengetahui kondisi wisatawan saat penuh. Kemudian, di Pantai Glagah dan Gua Kiskendo masih menunggu mereka. Rencananya, di Pantai Glagah akan kolaborasi dengan pokdarwis," katanya.

Niken juga mengakui wisatawan saat lebaran sudah banyak yang datang, tapi dengan adanya hiburan ini, wisatawan yang berkunjung akan semakin banyak lagi. Objek wisata di Kulon Progo sangat banyak, sehingga wisatawan dapat memilih objek wisata yang akan mereka kunjungi.

"Mungkin wisatawan akan lebih tertarik mengunjungi objek wisata yang ada hiburannya, dengan membawa keluarga besar," katanya.

Terkait perbaikan infrastruktur jalan menuju objek wisata, Niken mengaku sudah mengajukan permohonan surat ke Bupati Kulon Progo tembusan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) supaya melakukan perbaikan jalan menuju Pantai Glagah.

"Saat ini, dari TPR Glagah sampai Laguna ada 100 meter jalan rusak, dan bus besar kesulitan masuk. Kemudian, kami juga mengajukan pesangan gadril di tikungan-tikungan jalan menuju objek wisata di kawasan Bukit Menoreh. Saat ini sedang proses penganggaran," katanya.
Baca juga: Dispar ingin pedagang di kawasan Pantai Parangtritis tertata saat libur Lebaran

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar