PM Jepang beri ucapan selamat kepada Jokowi

id ucapan selamat kepala negara/pemerintahan asing kepada Jokowi,Jokowi-Ma'ruf menangi hasil pemilu,ucapan selamat kepada J

PM Jepang beri ucapan  selamat kepada Jokowi

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Suntec Convention Centre, Singapura pada Kamis (15/11/2018). Dalam sambutan pertemuan, Presiden menjelaskan kondisi terkini penanggulangan bencana gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah. (Bayu Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyampaikan pesan ucapan selamat kepada calon presiden (capres) Joko Widodo yang terpilih kembali menjadi Presiden Republik Indonesia, berdasarkan laman resmi Facebook Kedutaan Besar Jepang di Indonesia yang dipantau ANTARA di Jakarta, Rabu.

Pada 21 Mei 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumungkan bahwa pasangan capres dan cawapres Joko Widodo dan Ma'ruf Amin memenangi hasil Pemilihan Umum Presiden Indonesia yang diselenggarakan pada 17 April 2019.

Berdasarkan pengumuman KPU tersebut PM Jepang Shinzo Abe mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Presiden RI Joko Widodo.

Selain mengucapkan selamat, Perdana Menteri Shinzo Abe juga menyampaikan harapan untuk dapat bekerja sama dengan Presiden RI Joko Widodo guna memperkokoh hubungan antara kedua negara.

Selain dari PM Jepang, ucapan selamat atas terpilihnya kembali Jokowi sebagai Presiden Indonesia juga datang dari beberapa kepala pemerintahan/negara lain, antara lain Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan rekapitulasi Pemilu serentak 2019 pada Selasa (21/5) dini hari atau lebih cepat satu hari dari jadwal paling lambat yang ditentukan, yakni 22 Mei. Ini merupakan rekor tersendiri dari KPU yang sebelumnya menyelesaikan penghitungan suaranya hingga menit akhir jadwal yang ditentukan.

KPU langsung mengumumkan hasil seluruh rekapitulasi 34 provinsi dan 130 PPLN, dan untuk pemilihan presiden telah menetapkan perolehan suara Pilpres 2019 dari 34 provinsi dan 130 PPLN, yakni pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf memeroleh 85.607.362 suara atau 55,50 persen, sementara pasangan 02 Prabowo-Sandiaga memeroleh 68.650.239 suara atau 44,50 persen.

Jumlah pemilih nasional dalam Pilpres 2019 sebesar 199.987.870 pemilih. Sementara jumlah suara sah Pilpres sebesar 154.257.601 suara.
Baca juga: Presiden dan PM Singapura ucapkan selamat ke Jokowi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024